PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

LUSI, DWI JUNIARTI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
Cover.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (69kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intelectually Repetation (AIR) terhadap kemampuan komunikasi matematis tulis dan lisan siswa pada materi Pola Bilangan. Berdasarkan hasil observasi, didapatkan keterangan bahwa pembelajaran matematika masih berpusat kepada guru. Dimana guru mendominasi aktifitas pembelajaran dan siswa sebagai objek atau sasaran pembelajaran. Dalam menggali dan mengkonstruksi matematika, siswa memperhatikan dan mendengarkan guru, setelah itu siswa mengambil contoh dan mengingat beragam bentuk aturan, rumus dan prosedur ketika melakukan kegiatan menggali dan mengkonstruksi matematika. Akibatnya siswa hanya terbiasa mengerjakan soal-soal matematika yang dijelaskan oleh guru sehingga jalannya pembelajaran membuat siswa kurang aktif. Cara belajar tersebut kurang menumbuhkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan desain yang digunakan adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group dengan populasi mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ponorogo yang terdiri dari delapan kelas. Dari delapan kelas tersebut, kelas VIII-G dan VIII-H terpilih secara acak sebagai sampel. Selanjutnya kedua kelas dipilih kembali secara acak untuk menentukan jenis perlakuan yang akan diberikan. Kelas VIII-G diberikan pembelajaran konvensional dan kelas VIII-H diberi perlakuan model pembelajaran AIR. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi tulis siswa, sedangkan untuk komunikasi matematis lisan siswa menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan Berdasarkan rumusan masalah, hasil penelitian yang telah dilakukan dan pembahasan yang telah diuraikan, dapat disimpulkan: Kemampuan komunikasi matematis lisan siswa diuji dengan Uji-U dengan taraf signifikansi

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 09 Apr 2019 03:54
Last Modified: 09 Apr 2019 03:54
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4685

Actions (login required)

View Item View Item