PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP SEMANGAT BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN PAI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 MADIUN

TRI, SETYO BUDIHANDONO (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP SEMANGAT BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN PAI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 MADIUN. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
A. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (425kB)
[img] Text
B. BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
C. 1 BAB II.pdf

Download (943kB)
[img] Text
D. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
E. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
F. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
H.1 LAMPIRAN.pdf

Download (338kB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Prestasi Belajar PAI. Selama ini banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi diperlukan kecerdasan intelektual (IQ) yang juga tinggi. Namun, menurut hasil penelitian terbaru dibidang psikologi membuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang, tetapi ada banyak faktor lain yang mempengaruhi yaitu kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun secara simultan antara variabel kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap variabel prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 90 siswa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Md. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner (36 item pertanyaan untuk variabel kecerdasan emosional dan 21 item pertanyaan untuk variabel kecerdasan spiritual dan 34 item pertanyaan untuk vareabel semangat belajar). Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Statistik Inferensial yaitu Regresi Linier Sederhana dan Regresi Linier Berganda. Bahwa vareabel kecerdasan emosional (X1), kecerdasan spiritual (X2) secara Bersama – sama berpengaruh terhadap semangat belajar (Y). untuk analisis koefisien determinasi adalah 0,372 artinya perubahan semangat belajar mampu diterangkan oleh perubahan vareabel kecerdasan emosional (X1) dan kecerdasan spiritual (X2) secara Bersama – sama sebesar 0,372%, sementara sisnya yaitu sebesar 62,8% di pengaruhi oleh vareabel lain diluar vareabel yang di teliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara antara variabel kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap variabel prestasi belajar siswa. Dengan demikian, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual mempunyai andil yang cukup besar terhadap keberhasilan prestasi belajar siswa sehingga sudah menjadi keharusan bagi tenaga pendidikan untuk selalu memperhatikan dan meningkatkan kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual guna mendongkrak prestasi belajar anak didiknya tanpa melupakakan faktor-faktor lain yang juga berhubungan dengan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Editor PASCA
Date Deposited: 25 Apr 2019 01:53
Last Modified: 25 Apr 2019 01:53
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4771

Actions (login required)

View Item View Item