PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ICE CREAM CAMPINA DI HYPERMART PONOROGO CITY CENTER

NIKEN, LESTARI (2019) PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ICE CREAM CAMPINA DI HYPERMART PONOROGO CITY CENTER. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (949kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (548kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Kata kunci: Brand Equity, Keputusan Pembelian. Penamaan sebuah produk dalam bentuk merek menjadi faktor pendukung kelancaran dalam proses pemasaran. Konsumen memandang merek sebagai bagian penting dari suatu produk dan citra produk sangat penting untuk melakukan pemilihan dan keputusan pembelian. Salah satu bisnis yang memunculkan banyak merek baru adalah bisnis ice cream, PT Campina Ice Cream Industry merupakan salah satunya. Konsumen yang sudah percaya terhadap suatu merek tidak akan ragu untuk melakukan pembelian kembali dan menjadi konsumen tetap. Apabila konsumen secara terus-menerus melakukan hal ini, maka dapat dikatakan perusahaan tersebut memiliki suatu Brand Equity (ekuitas merek). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel Brand Equity terhadap keputusan pembelian ice cream campina di Hypermart Ponorogo City Center dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 responden pembeli ice cream Campina yang diperoleh dengan menggunakan teknik accidental sampling menggunakan rumus Machin and Campbell (sugiyono.2010:56), kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Variabel bebas pada penelitian ini adalah dimensi Brand Equity (ekuitas merek) diantaranya yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, sedangkan variabel terikatnya yaitu keputusan pembelian. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa ke empat variabel independen yang diteliti terbukti berpengaruh positif dan signfikan terhadap variabel dependen, melalui uji F dapat diketahui bahwa ke empat variabel independen secara simultan berpengaruh postif dan signifikan. Angka Adjusted R2 sebesar 0,707 menunjukkan bahwa 71% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel independen, sedangkan sisanya yaitu 1 – 0,707 = 0,293 atau 29% menunjukkan bahwa keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam persamaan regresi yang diuji dalam penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini adalah 1) Terbukti asosiasi merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian, artinya Asosiasi merek dapat memberi manfaat bagi konsumen yang pada akhirnya akan memberikan alasan spesifik bagi konsumen untuk membeli dan menggunakan merek tersebut. Asosiasi merek dapat menciptakan kredibilitas merek yang baik di pikiran pelanggan. Hal ini akan menimbulkan rasa percaya diri pelanggan atas keputusan pembelian, 2) Terbukti persepsi kualitas berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian, artinya persepsi kualitas yang terbangun dengan baik di benak pelanggan akan membantu efektivitas program pemasaran dan harus dipahami bahwa informasi yang begitu banyak membuat pembeli enggan untuk merespon lebih jauh, sehingga persepsi kualitas yang tinggi akan berperan menuntun pelanggan dalam proses keputusan pembeliannya, 3) Terbukti loyalita merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputuan pembelian, artinya pelanggan yang loyal terhadap suatu merek, memiliki kecenderungan untuk lebih percaya diri pada pilihan merek. Tingkat loyalitas merek yang tinggi, yaitu berupa komitmen yang kuat dari pelanggan terhadap merek dapat menciptakan rasa percaya diri yang besar pada pelanggan saat mengambil keputusan pembelian., 4) Terbukti kesadaran merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian, artinya saat pengambilan keputusan pembelian dilakukan, kesadaran merek memegang peranan penting. Merek menjadi bagian penting sehingga memungkinkan preferensi pelanggan untuk memilih merek tersebut, 5) Terbukti ke empat dimensi Brand Equity (ekuitas merek) secara simultan berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian, artinya peningkatan kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek ini akan meningkatkan keputusan pembelian Ice Cream Campina di Hypermart Ponorogo City Center sebesar 71%. Sedangkan sisanya 29% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam persamaan regresi yang diuji dalam penelitian ini. Saran yang dapat diberikan sebaiknya perusahaan lebih memperbanyak dalam penayangan promosi di berbagai media, lebih sering mengadakan event-event tertentu yang bersifat promosi sekaligus membagikan hadiah-hadiah, membuat desain kemasan yang lebih menarik konsumen agar penasaran dan akhirnya membuat keputusan untuk membeli, lebih banyak varian rasa dan segmentasi ke anak-anak dan remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Editor FE
Date Deposited: 15 May 2019 02:53
Last Modified: 15 May 2019 02:53
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4862

Actions (login required)

View Item View Item