KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN SERTIFIKAT PRODUKSI PANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA (PIRT) DI KANTOR DINAS KESEHATAN KABUPATEN PONOROGO

ARIYANI, DEVI EKA (2014) KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN SERTIFIKAT PRODUKSI PANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA (PIRT) DI KANTOR DINAS KESEHATAN KABUPATEN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI DEVI EKA ARIYANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

ABSTRAK DEVI EKA ARIYANI,NIM 10220834. KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN SERTIFIKAT PRODUKSI PANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA ( PIRT ) DI KANTOR DINAS KESEHATAN KABUPATEN PONOROGO. SKRIPSI. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Ponorogo.2014 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana transparansi dan kualitas pelayanan perizinan sertifikat produksi pangan industri rumah tangga di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh pegawai di Bidang Pengembangan Sumber Daya Kesehatan sebanyak 14 orang dan seluruh pemohon pelayanan perizinan sertifikat produksi pangan industri rumah tangga ( PIRT ) di Kantor Dinas Kesehatan pada bulan Januari-Oktober 2013 yang berjumlah 158 pemilik sertifikat IRT. Dalam penentuan informan peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 10 orang 2 orang yang berasal dari pegawai DINKES dan 8 orang dari masyarakat pengguna layanan perizinan sertifikat PIRT. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisa data yakni mendeskripsikan hasil penelitian atau data dengan wujud apa yang didapatkan penulis baik itu hasil wawancara, atau hasil dokumentasi baik secara lisan maupun tulisan kemudian diteliti dan dipelajari dan diambil kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa secara umum kualitas pelayanan perizinan sertifikat PIRT dilihat dari segi transparansi dinilai kurang baik hal tersebut dikarenakan tidak adanya akses informasi terbuka terkait persyaratan, prosedur, waktu, biaya pelayanan dan masa berlaku sertifikat PIRT. Kinerja pegawai DINKES sangat dipengaruhi oleh kualitas SDM pegawai, sarana dan prasarana penunjang operasional kegiatan serta dana yang tersedia, hal tersebut dibuktikan dengan lima dimensi kualitas pelayanan seperti Keandalan: Kemampuan pegawai merespon pelanggan sudah dikatakan sudah baik hal tersebut dikarenakan pegawai menginformasikan tentang persyaratan teknis dan administratif. Daya Tanggap: Pegawai DINKES sudah memposisikan perannya sebagai abdi negara dalam perspektif pemberian pelayanan publik terbukti tidak ada perlakuan pilih kasih kepada pengguna layanan. Jaminan: Sikap pegawai DINKES tergolong sangat sopan.Empati: Kemampuan pegawai dalam menanggapi keluhan dan saran sudah bisa dikatakan dengan baik hal tersebut dikarenakan pihak DINKES menfasilitasi YANKES “ Layanan Kesehatan”dan Bukti Fisik: Berkaitan dengan sarana dan prasarana dinilai cukup baik hal tersebut dikarenakan tidak adanya fasilitas pendukung pelayanan serperti tempat duduk yang memadai dan papan informasi petunjuk pelayanan. Kata Kunci: Transparansi, Kualitas Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Depositing User: Editor FISIP
Date Deposited: 06 May 2014 05:46
Last Modified: 06 May 2014 05:46
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item View Item