ANALISIS LOYALITAS PASIEN DI RSUA DIPONEGORO PONOROGO (Ditinjau dari Kualitas Pelayanan Kesehatan)

Munawaroh, Siti (2013) ANALISIS LOYALITAS PASIEN DI RSUA DIPONEGORO PONOROGO (Ditinjau dari Kualitas Pelayanan Kesehatan). Jurnal Florence, VI (2). ISSN 1978-8916

[img] Text
2013.pdf

Download (834kB)

Abstract

Ada beberapa alasan pelanggan/ pasien untuk loyal dalam penggunaan jasa organisasi tertentu, salah satunya adalah kualitas pelayanan yang diberikan dirasakan baik dan memuaskan. Kualitas pelayanan merupakan inti pelayanan bila organisasi ingin maju. Keliru jika orang mengatakan bahwa suksesnya organisasi hanya tergantung dari kerja keras tanpa kualitas. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis loyalitas pasien dilihat dari kualitas pelayanan kesehatan di RSUA Diponegoro Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah korelasi dengan rancangan cross sectional yang mempelajari hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan loyalitas pasien di RSUA Diponegoro Ponorogo setelah mendapat pelayanan, dengan sampel yang memenuhi kriteria penelitian yaitu pasien yang sedang rawat inap lebih dari 2 hari, bukan pasien Askes/jamkesmas, pasien bukan pegawai RS atau keluarganya, pasien minimal 2 kali rawat inap di RSUA Diponegoro Ponorogo. Teknik sampling yang digunakan adalah purposif sampling dari seluruh ruang rawat inap sejumlah 48 responden. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar kualitas pelayanan kurang baik (56,3%), sebagian besar pasien loyal (58,3%) dan didapatkan hasil uji statistik adalah tidak ada hubungan kualitas pelayanan dengan loyalitas pasien dengan p value= 0,055. Rumah Sakit Aisyiyah Diponegoro Ponorogo harus mempertahankan bahkan meningkatkan pelayanan yang maksimal untuk mempertahankan agar pelanggan tetap mau menggunakan rumah sakit tersebut. Mengingat masih adanya pasien yang tidak loyal sebaiknya menyusun strategi lebi lanjut agar semua pasien yang telah merasakan pelayanan akan selalu tetap menggunakan lagi untuk segala keperluan atau segala jenis penyakit

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Loyalitas
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 30 Jul 2020 03:34
Last Modified: 30 Jul 2020 03:34
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5335

Actions (login required)

View Item View Item