IMPLEMENTASI METODE USMANI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Awwaliyah Darul Ulum Jali, Mrican, Jenangan, Ponorogo)

Iskandar, Eko (2020) IMPLEMENTASI METODE USMANI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Awwaliyah Darul Ulum Jali, Mrican, Jenangan, Ponorogo). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Iskandar, Eko. 2020. Implementasi Metode Usmani Dalam Pembelajaran Al-Qur’an studi kasus di Madrasah Diniyah Awwaliyah Darul Ulum Jali Mrican Jenangan. Pembimbing (1) Dr. H. Nurul Iman, Lc, M.HI dan Pembimbing (II) Rohmadi, S.H.I, M.PI. Kata Kunci: Madrasah Diniyah Awwaliyah Darul Ulum, Metode Usmani, Pembelajaran Al-Qur’an. Berbicara dengan pembelajaran Al-Qur’an sangatlah penting karena sebagai pedoman wajib bagi Ummat Islam. Madrasah Diniyah sebagai Lembaga Pendidikan adalah satu Lembaga yang berperan dalam pembelajaran Al-Qur’an sejak dini. Jika pembelajaran Al-Qur’an tidak di tanamkan sejak dini, kualitas pemuda yang akan meneruskan agama Islam akan lemah dalam dakwah, karena pedoman awal yaitu Al-Qur’an belum bisa diterapkan secara maksimal. Sebaliknya jika pedoman Al-Qur’an ini di pelajari sejak dini, kualitas pemuda yang akan meneruska dakwa Islam akan lebih kuat dan berwawasan luas. Peneliti melihat bahwa Madrasah Diniyah Awwaliyah Darul Ulum Jali Mrican Jenangan Ponorogo telah menggunakan metode untuk pembelajaran Al-Qur’an yaitu Metode Usmani. Metode yang mudah, praktis, dan Sanad bacaanya membuat terget-target Madrasah tercapai sesuai dengan visi-misi Madarasah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: Untuk mengentahui bagaimana Implementasi Metode Usmani dalam pembelajaran Al-Qur’an dan Faktor penunjang dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan model studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisi data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dan model Miles dan Huberman meliputi: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion) dan yang terdiri dari 4 (empat) tahapan yang harus dilalukan, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display (sajian) data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Implementasi Metode Usmani dalam pembelajaran Al-Qur’an Madrasah Diniyah Awwaliyah Darul Ulum Jali Mrican Jenangan Ponorogo menggunkan teknik klasikal-individual, dimana satu kelas tingkatan jilidnya sama dan materi tambahannya juga sama. Madrasah Diniyah Awwaliyah Darul Ulum Jali Mrican Jenanga Ponorogo menggunakan sistem yang diwajibkan oleh pusat, yaitu dengan sistem talaqqi dan musyafahah. Evaluasi dilakukan setiap hari untuk dan ujian kenaikan jilidnya dilakukan sesuai dengan standart metode usmani perjilid. Khusus evaluasi khatam Al-Qur’an atau tashih dilakukan di kordinator cabang ponorogo. (2) Faktor penunjang dan penghambat Implementasi Metode Usmani dalam pembelajaran Al-Qur’an yang terdapat di Madrasah Diniyah Awwaliyah Darul Ulum Jali Mrican Jenangan Ponorogo. Yang pertama kendalanya aalah kurangnya motivasi orangtua terhadap an aknya, kurangnya semangat peserta didik untuk hadir disetiap pembelajaran, kurangnya guru yang ber-syahadah Metode Usmani. Sedangkan faktor pendukungnya adalah hasil kelulusan dengan kualitas sama, guru yang sungguh-sungguh dalam mengajar, dukungan masyarakt yang kuat, dukungan kepala Madrasah, Serta guru yang tertip dalam

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Madrasah Diniyah Awwaliyah Darul Ulum, Metode Usmani, Pembelajaran Al-Qur’an.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 04 Jan 2021 03:08
Last Modified: 04 Jan 2021 03:08
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5640

Actions (login required)

View Item View Item