PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI TIPE SYNDICATE GROUP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII A PADA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA DI MTS. AL-ISHLAH BUNGKAL PONOROGO

Lailatul Umamah, Erni (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI TIPE SYNDICATE GROUP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII A PADA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA DI MTS. AL-ISHLAH BUNGKAL PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA....pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)

Abstract

ABSTRAK Kata kunci: Metode Pembelajaran Diskusi Tipe Syndicate Group terhadap Prestasi Belajar Siswa, Pendidikan ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran diskusi tipe Syndicate Group meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VIII A MTs. Al-Ishlah Bungkal Ponorogo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap siklus menggunakan tiga tahapan PTK menurut Kemmis & McTaggart yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan dan pengamatan, dan (3) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTs. Al-Ishlah Bungkal Ponorogo tahun ajaran 2019/2020. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi pelaksanaan metode diskusi tipe Syndicate Group, angket Syindicate Group, dan tes prestasi belajar. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan metode pembelajaran diskusi tipe Syndicate Group meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VIIIA di MTs. Al-Ishlah Bungkal Ponorogo. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase motivasi belajar siklus sebesar 4, 34%, yaitu dari sebelum siklus 78, 79% menjadi 89, 34%. Pada siklus II juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 6, 28% menjadi 89, 44% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Sedangkan prestasi belajar pada siklus I menurun 5, 85 dari semester sebelumnya 76, 49 menjadi 79, 49 (63, 52% lulus). Pada siklus II baru mengalami peningkatan sebesar 8, 11 menjadi 82, 53 dengan kelulusan 100% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Selain itu, peningkatan prestasi belajar juga didukung oleh adanya korelasi yang sangat kuat (r=0,860) antara data awal dan akhir motivasi belajar serta korelasi yang kuat (r=0,614) antara data awal dan akhir prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Diskusi Tipe Syndicate Group, Prestasi Belajar, PTK
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 05 Jan 2021 06:07
Last Modified: 05 Jan 2021 06:07
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5652

Actions (login required)

View Item View Item