ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH SOAL CERITA PADA MATERI BANGUN DATAR DITINJAU DARI MINAT BELAJAR

Syafira Anggari, Reginta (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH SOAL CERITA PADA MATERI BANGUN DATAR DITINJAU DARI MINAT BELAJAR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)

Abstract

REGINTA SYAFIRA ANGGARI : Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Soal Cerita Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Minat Belajar. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan kesulitan memecahkan masalah soal cerita, (2) mendeskripsikan minat belajar, dan (3) mendeskripsikan perbandingan siswa minat belajar tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan 6 subjek kelas V. Cara pemilihan subjek yaitu pertama diberikan angket kepada 15 siswa kemudian digolongkan sesuai dengan kategori minat belajar masing-masing. Setelah itu dipilih 2 siswa dari masing-masing minat belajar yang memenuhi kriteria dengan memiliki komunikasi yang baik. Dari keenam siswa tersebut kemudian diberikan soal tes berupa soal cerita materi bangun datar. Setelah diberikan soal, kemudian hasil jawaban siswa dianalisis dan dilakukan wawancara untuk menggali informasi lebih dalam terkait hasil jawaban siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan minat belajar tinggi dapat memahami soal, mengoperasikan pecahan, dan merefleksikan proses.Namun masih sulit untuk menerapkan berbagai strategi. Untuk subjek dengan minat belajar sedang siswa sulit memahami soal, sulit mengoperasikan pecahan. Namun dapat mefleksikan proses memecahkan masalah meskipun sulit menerapkan berbagai strategi. Untuk subjek dengan minat belajar rendah siswa sulit memahami soal, sulit mengoperasikan pecahan, siswa juga sulit menerapkan berbagai strategi serta merefleksikan proses dalam memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesulitan siswa, Pemecahan Masalah, Soal Cerita, Minat belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 04 Feb 2021 03:54
Last Modified: 04 Feb 2021 03:54
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5975

Actions (login required)

View Item View Item