Kurniasih, Ranti and Setyaningsih, Erlyka (2020) Strategi pembelajaran elaborasi pada materi barisan dan deret bagi mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11 (2). pp. 345-354. ISSN e-ISSN 2579-7646, 2086-2725
Text
4a Strategi Pembelajaran Elaborasi Pada Materi Barisan Dan Deret Bagi Mahasiswa.pdf Download (168kB) |
|
Text
4b Strategi Pembelajaran Elaborasi Pada Materi Barisan Dan Deret Bagi Mahasiswa.pdf Download (2MB) |
|
Text
4c Strategi Pembelajaran Elaborasi Pada Materi Barisan Dan Deret Bagi Mahasiswa.pdf Download (790kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh desain pembelajaran dengan strategi elaborasi dan cara menerapkan pembelajaran dengan strategi elaborasi pada konsep barisan dan deret bagi mahasiswa semester I Program Studi Manajemen Perusahaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo tahun ajaran 2019/2020. Dalam proses pembelajaran ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan orientasi, interpretasi, dan memberikan kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan. Pada tahap orientasi antara dosen dengan mahasiswa aktif berkomunikasi dalam menentukan arah untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Pada tahap interpretasi, mahasiswa mengkaji masalah yang diberikan melalui kegiatan analisis, diskusi, tanya jawab. Pada akhir pembelajaran, mahasiswa membuat kesimpulan dari apa yang telah mereka dapatkan selama pembelajaran. Pembelajaran dengan strategi elaborasi yang dapat membangun pemahaman konsep konsep barisan dan deret pada mahasiswa semester I kelas B Program Studi Manajemen Perusahaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo tahun ajaran 2019/2020 terdiri dari tahap: (1) memberikan orientasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan, (2) menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran, (3) dengan tanya jawab memberi motivasi dan apersepsi mahasiswa, (4) dosen melakukan orientasi kepada mahasiswa dengan memberikan permasalahan yang terkait pengenalan konsep barisan dan deret, (5) mahasiswa melakukan interpretasi dengan berdiskusi dengan temannya dalam menyelesaikan masalah yang diberikan, (6) mahasiswa mempresentasikan hasil kerja yang diperolehnya, (7) mahasiswa saling memberikan orientasi dengan melakukan tanya jawab berdasarkan hasil yang diperolehnya, (8) dosen memberikan orientasi kepada mahasiswa untuk mengklarifikasi masalah yang muncul, (9) mahasiswa membuat kesimpulan terhadap materi yang telah dipelajari, (10) mahasiswa mengerjakan tugas akhir yang diberikan. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa bentuk pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berhasil sebagai bentuk pembelajaran yang dapat membangun kemampuan analisis matematika mahasiswa tentang barisan dan deret serta penerapannya dalam ekonomi dan bisnis
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Elaborasi, Konsep Barisan dan Deret |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 16 Feb 2021 07:05 |
Last Modified: | 16 Feb 2021 07:05 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6052 |
Actions (login required)
View Item |