PENERAPAN MODEL TSTS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO PADA MATA KULIAH TEORI BILANGAN

SUHENDAR, UKI (2017) PENERAPAN MODEL TSTS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO PADA MATA KULIAH TEORI BILANGAN. Jurnal Silogisme Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 2 (2). pp. 56-60. ISSN ISSN 2548-7809 (Online) ISSN 2527-6182 (Print)

[img] Text
1. artikel uki silogisme DESEMBER 2017.pdf

Download (375kB)
[img] Text
1. peer review penerapan model tsts.pdf

Download (788kB)
[img] Text
1. plagiasi PENERAPAN MODEL TSTS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO PADA MATA KULIAH TEORI BILANGAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://journal.umpo.ac.id/index.php/silogisme/

Abstract

Kepercayaan diri dalam belajar harus dimiliki mahasiswa. Namun, kenyataan yang terjadi pada mahasiswa semester 1 tahun 2016/2017 pada mata kuliah Fondasi Matematika masih belum maksimal. Teori Bilangan merupakan mata kuliah yang diberikan untuk mahasiswa semester 2 program studi pendidikan matematika di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa pada mata kuliah Teori Bilangan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Dengan demikian diharapkan mahasiswa akan lebih percaya diri dalam belajar pada mata kuliah lainnya di prodi Pendidikan Matematika. Penelitian tindakan kelas ini terlaksana dalam dua siklus. Hasil analisis data sebelum dilaksanakan penelitian adalah sebesar 18,52 % dari keseluruhan mahasiswa yang mempunyai kepercayaan diri tinggi. Setelah dilakukan analisis data akhir siklus 2, diperoleh bahwa persentase jumlah mahasiswa yang belum memiliki kepercayaan diri tinggi adalah sebesar 22,22%. Langkah-langkah TSTS yang digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa adalah dengan upaya perbaikan berupa dosen memberikan bantuan kepada kelompok yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal LKM.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Self Confidence, Teori Bilangan, Two Stay TwoStray
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 25 Mar 2021 01:45
Last Modified: 25 Mar 2021 01:45
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6313

Actions (login required)

View Item View Item