MENINGKATKAN MINAT BACA MAHASISWA DENGAN STRATEGI PEMBERIAN PERTANYAAN MATA KULIAH TEORI BILANGAN

SUHENDAR, UKI (2019) MENINGKATKAN MINAT BACA MAHASISWA DENGAN STRATEGI PEMBERIAN PERTANYAAN MATA KULIAH TEORI BILANGAN. INDIKTIKA (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 1 (2). pp. 112-120. ISSN P-ISSN : 2655-2752 E-ISSN : 2655-2345

[img] Text
5. indiktika uki JUNI 2019.pdf

Download (87kB)
[img] Text
5. peer review meningkatkan minat baca.pdf

Download (780kB)
[img] Text
5. plagiasi MENINGKATKAN MINAT BACA MAHASISWA DENGAN STRATEGI PEMBERIAN PERTANYAAN MATA KULIAH TEORI BILANGAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/i...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca mahasiswa pada mata kuliah Teori Bilangan menggunakan strategi pemberian pertanyaan di awal pembelajaran. Diharapkan mahasiswa lebih berminat membaca materi untuk mempersiapkan diri dalam menjawab pertanyaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dalam dua siklus. Objek penelitian ini adalah mahasiswa semester dua Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket minat baca. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif terhadap lembar hasil pengisian angket minat baca. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan strategi pemberian pertanyaan yang dapat meningkatkan minat baca mahasiswa pada mata kuliah Teori Bilangan adalah tiap mahasiswa diberikan pertanyaan terkait materi perkuliahan. Setelah seluruh mahasiswa diberikan pertanyaan, lalu kelas dimulai dengan menggunakan suatu pendekatan atau model pembelajaran yang lain. Disamping penerapan strategi tersebut perlu diberikan upaya perbaikan berupa reward yakni penilaian dari jawaban masing-masing mahasiswa sebagai nilai keaktifan, materi yang digunakan untuk tanya jawab adalah materi yang telah dan akan dipelajari, dan mahasiswa dimotivasi untuk membaca lebih giat lagi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: minat baca, strategi pertanyaan, teori bilangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 25 Mar 2021 02:32
Last Modified: 25 Mar 2021 02:32
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6317

Actions (login required)

View Item View Item