Septrianto, Muhammad Idris, Jumadi, Jumadi and SUHENDAR, UKI (2019) Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Garis Lurus dengan Model Guided Discovery Learning Berbantuan Geogebra. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5 (2). pp. 78-90. ISSN E-ISSN : 2654-833X P-ISSN : 2443-3500
Text
7. artikel jumlahku NOVEMBER 2019.pdf Download (381kB) |
|
Text
7. peer review pembelajaran mat materi pers garis.pdf Download (806kB) |
|
Text
7. plagiasi Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Garis Lurus dengan Model Guided Discovery Learning Berbantuan Geogebra.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dari penerapan pembelajaran persamaan garis lurus dengan model guided discovery learning berbantuan geogebra. Penelitian kualitatif ini mengambil subjek adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran persamaan garis lurus bagi siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo dengan model guided discovery learning berbantuan geogebra dilakukan dengan diawali langkah Stimulation, lalu Problem statement, kemudian Data collection, dilanjutkan Data Processing, lantas Verification, diakhiri dengan Generalization. Bantuan geogebra diberikan saat langkah stimulation dan verification. Hasil penerapan pembelajaran ini adalah partisipasi, kepercayaan diri, dan pemahaman siswa meningkat. Namun demikian, bimbingan dan kreativitas guru sangat menentukan keberhasilan penerapan model guided discovery learning berbantuan geogebra ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persamaan garis lurus; guided discovery learning; geogebra |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 25 Mar 2021 02:47 |
Last Modified: | 25 Mar 2021 02:47 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6320 |
Actions (login required)
View Item |