MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID-19

Asmaroini, Ambairo Puji (2021) MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID-19. JDPP Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 9 (1). pp. 31-39. ISSN ISSN 2303-3800 (Online) ISSN 2527-7049 (Print)

[img] Text
6 artikel ambiro motivasi belajar mahasiswa.pdf

Download (468kB)
[img] Text
peer review motivasi belajar.pdf

Download (393kB)
[img] Text
plagiaisi Artikel 6 Motivasi belajar mahasiswa.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/articl...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa menggunakan pebelajaran daring ada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan dekriptif, yaitu mendeskripsikan motivasi belajar mahasiswa selama pembelajaran daring. subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa prodi D3 Kebidanan Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang mengikuti mata kuliah Kewarganegaraan secara aring berjumlah 15 mahasiswa. Hasil penelitian, Dosen di Universitas Muhammadiyah Ponorogo diberikan keluasaan untuk menggunakan aplikasi pembelajaran selama pembelajaran daring. Aplikasi yang digunakan yaitu google meet, google classroom, zoom, whatsapp group, dan layanan e�learning Universitas Muhammadiyah Ponorogo http://bebas.umpo.ac.id. Selama mengikuti pembalajaran daring, mahasiswa termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Indikator motivasi belajar sebagai kebutuhan ditunjukkan persentase 86,67% dengan interpretasi motivasi sangat tinggi dalam mengikuti mata kuliah Kewarganegaraan. Indikator motivasi dorongan, mahasiswa terdorong untuk mengerjakan tugas individu dengan prosentase 100% dengan interpretasi motivasi sangat tinggi sedangkan untuk pengerjaan tugas kelompok dengan menyusun makalah yang dipresentasikan, dengan prosentase 93,3% dengan interprestasi motivasi sangat tinggi. Indikator motivasi beajar sebagai tujuan yaitu mahasiswa memahami lebih materi Kewarganegaran dengan prosentase 66,67% dengan interpretasi motivasi tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Student learning motivation, Online learning, Covid-19
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 31 Mar 2021 05:02
Last Modified: 31 Mar 2021 05:02
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6387

Actions (login required)

View Item View Item