Keterampilan Guru PAUD Kabupaten Ponorogo Dalam Memberikan Penguatan Selama Masa Pandemi COVID-19

Setyowahyudi, Rendy and Ferdiyanti, Tiara (2020) Keterampilan Guru PAUD Kabupaten Ponorogo Dalam Memberikan Penguatan Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Golden Age, 4 (1). pp. 99-111. ISSN 2549-7367

[img] Text
jurnal golden age.pdf

Download (1MB)
[img] Text
hasil uji plagiasi jurnal golden ages.pdf

Download (3MB)
[img] Text
peer review jurnal golden age.pdf

Download (539kB)
Official URL: https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/a...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru PAUD Kabupaten Ponorogo dalam memberikan penguatan untuk anak usia dini selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu 11 orang guru PAUD yang ada di Kabupaten Ponorogo diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Uji kredibilitas data dengan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan pertama, skema pembelajaran yang dijalankan selama masa pandemi COVID-19 adalah pembelajaran dalam jaringan. Kedua, pemberian penguatan yang dilakukan oleh guru selama masa pandemi COVID-19 terdiri dari penguatan verbal dan non verbal. Ketiga, hambatan yang ditemui dalam pemberian penguatan selama masa pandemi COVID-19 adalah wali murid yang tidak bisa mengoperasikan whatsapp, tidak memiliki smartphone dan wali murid yang kesulitan sinyal. Secara ringkas, hasil yang ditemukan penting sebagai bahan rujukan untuk guru PAUD lain agar dapat terampil memberikan penguatan ke anak selama masa pandemi COVID-19.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Guru; PAUD; Ponorogo; Penguatan; COVID-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 19 Apr 2021 19:11
Last Modified: 19 Apr 2021 19:30
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6439

Actions (login required)

View Item View Item