PERAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA DALAM UPAYA PEMBENTUKAN MORAL SISWA DI KABUPATEN PONOROGO

ALVIYAN, ARTHA (2020) PERAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA DALAM UPAYA PEMBENTUKAN MORAL SISWA DI KABUPATEN PONOROGO. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 4 (2). ISSN 2579-9924 (Online) 2579-9878 (Cetak) (Unpublished)

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (794kB)
[img] Text
JURNAL FIX STKIP BANGKALAN ARTA AGUSTUS 2020.pdf

Download (590kB)
[img]
Preview
Image
LOA CIVIC CULTURE Artha (2).jpg

Download (74kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ‘membahas peran kelompok teman sebaya dalam’ pembentukan moral siswa di Kabupaten Ponorogo. Fokus dalam tulisan ini adalah melihat peran kelompok teman sebaya pada lingkup pendidikan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau remaja. Tulisan ini menggunakan metode kepustakaan yaitu dengan mengumpulkan banyak informasi dan dokumentasi tentang peran kelompok teman sebaya sebagai pembentuk moral siswa pada masa remaja. Dalam konteks seperti itu, teman sebaya dipahami sebagai salah satu sumber informasi yang cukup signifikan dalam membentuk pengetahuan, sikap dan perilaku pada siswa remaja. Dari hasil informasi yang telah dikoleksi oleh peneliti dapat diperoleh kesimpulan bahwa urgensi moral pada remaja di Kabupaten Ponorogo membuktikan bahwa pembentukan moral yang positif dengan memaksimalkan peran teman sebayanya sangatlah perlu dilakukan. Pembentukan moral merupakan suatu tindakan untuk membimbing dan melembagakan nilai-nilai moral. Hal ini dilihat dari beberapa informasi yang telah peneliti dapat dari beberapa hasil penelitian bahwasannya sebagian besar waktu remaja atau siswa dihabiskan untuk berhubungan atau bergaul dengan teman-teman sebaya mereka. Dalam perkembangan sosio emosional, melalui interaksi sebayalah anak-anak belajar bagaimana berinteraksi dalam hubungan yang simetris dan timbal balik. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa pembentukan moral siswa baik negatif maupun positif sangat bergantung terhadap pergaulan teman sebaya. Ini dikarenakan seringnya siswa berinteraksi dengan teman sebaya dilingkungan sekolah dan masyarakat sehingga siswa cenderung mengikuti tindakan yang dilakukan oleh teman sebayanya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Moral, Teman Sebaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 21 Apr 2022 05:47
Last Modified: 21 Apr 2022 05:47
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6449

Actions (login required)

View Item View Item