PERAN SEKOLAH BERSEPADU MUSA ASIAH SVAY KHLEANG, KROUCH CHMAR, KAMBOJA DALAM PENINGKATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Anisa Yahyani, Wien (2020) PERAN SEKOLAH BERSEPADU MUSA ASIAH SVAY KHLEANG, KROUCH CHMAR, KAMBOJA DALAM PENINGKATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf

Download (439kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sekolah Bersepadu Musa Asiah adalah sekolah Islam yang berdiri di daerah Svay Khleang, Krouch Chmar, Kamboja dimana sekolah ini adalah satu-satunya sekolah yang memiliki kurikulum agama Islam, karena di daerah ini tidak semua sekolah dapat mengajarkan Pendidikan agama Islam kepada masyarakat muslim di Kamboja, sehingga peningkatan Pendidikan agama Islam mengalami tantangan yang besar, hal ini yang menjadikan peneliti tertarik untuk mengambil penelitian ini. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Sekolah Bersepadu Musa Asiah Svay Khleang Krouch Chmar Kamboja dalam meningkatkan Pendidikan agama Islam di daerah Krouch Chmar, dimana daerah ini adalah perkampungan Islam yang berada ditengah-tengah Negara Kamboja yang mayoritas masyarakat pemeluk agama Budha. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data kualitatif ini analisis dilakukan secara terus menerus sampai tuntas. Hasil temuan peneliti ini adalah: Pendidikan agama Islam di daerah Krouch Chmar mulai berkembang dengan adanya sekolah bersistem integrasi dimana sekolah ini memiliki perpaduan kurikulum yaitu kurikulum kebangsaan dan kurikulum Pendidikan agama Islam, melalui sekolah ini akhirnya Pendidikan agama Islam mulai meningkat karena Sekolah Bersepadu Musa Asiah SEPAMA ini anak-anak dan masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan Pendidikan agama Islam, hal ini didukung dengan program-program yang dimiliki oleh SEPAMA, sehingga dari sekolah ini memberikan peran dalam meningkatkan Pendidikan agama Islam di daerah minoritas Islam di Kamboja, mulai dari peran pedagogis, peran moral-spiritual dan peran sosio-kultural yang dapat berperan menyeluruh kepada masyarakat yang akhirnya meningkatkan Pendidikan agama Islam di daerah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Sekolah, Peningkatan, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 09 Jun 2022 04:25
Last Modified: 09 Jun 2022 04:25
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6642

Actions (login required)

View Item View Item