Ayu Widiawati, Prita (2021) ANALISIS KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA KELAS 3 DAN 5 DI MIN 2 PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat_Persetujuan_Unggah_Karya_Bermaterai.pdf Download (356kB) |
|
Text (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (840kB) |
|
Text (BAB I)
BAB_1.pdf Download (382kB) |
|
Text (BAB II)
BAB_2.pdf Download (498kB) |
|
Text (BAB III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) |
|
Text (BAB V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (796kB) |
Abstract
PRITA AYU WIDIAWATI: Analisis Kemampuan Number Sense Siswa Kelas 3 dan 5 Di MIN 2 Ponorogo. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan number sense yang dimiliki siswa kelas 3 MIN 2 Ponorogo, (2) mendeskripsikan kemampuan number sense yang dimiliki siswa kelas 5 MIN 2 Ponorogo, (3) mendeskripsikan perbedaan kemampuan number sense siswa antara kelas 3 dan kelas 5 MIN 2 Ponorogo, (4) mendeskripsikan perbedaan kemampuan number sense antara siswa laki-laki dan siswa perempuan MIN 2 Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas 3 dan kelas 5 MIN 2 Ponorogo. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2021. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan memberikan tes, sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu soal tes number sense (NST) yang diadopsi dari Jurnal McIntosh, B. Reys, R. Reys, Bana, dan Farrell (1997) dan pertanyaan-pertanyaan yang ada disesuaikan dengan materi kelas 3 dan 5 di MIN 2 Ponorogo. Data dianalisis secara statistika deskriptif yaitu mencari rata-rata, skor maksimal, range (skor terendah sampai skor tertinggi). Setelah dianalisis data tersebut dideskripsikan secara jelas agar mudah difahami. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan number sense yang dimiliki oleh siswa kelas 3 dan kelas 5 MIN 2 Ponorogo. Ternyata hasil tes kemampuan number sense siswa kelas 3 adalah 74,5 dan hasil tes kemampuan number sense siswa kelas 5 adalah 65,2. Diperoleh hasil bahwa kemampuan number sense siswa kelas 3 lebih tinggi daripada kelas 5. Kedua kelas tersebut sama-sama tergolong cukup baik. Kemudian, terdapat perbedaan kemampuan number sense antara siswa laki-laki dan siswa perempuan dari kedua kelas tersebut. Hasil tes kemampuan number sense siswa laki-laki diperoleh rata-rata sebesar 64,1 dan siswa perempuan memperoleh rata-rata sebesar 75,95. Diperoleh hasil bahwa kemampuan number sense siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki. Antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan sama-sama tergolong cukup baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PRITA AYU WIDIAWATI: Analisis Kemampuan Number Sense Siswa Kelas 3 dan 5 Di MIN 2 Ponorogo. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan number sense yang dimiliki siswa kelas 3 MIN 2 Ponorogo, (2) mendeskripsikan kemampuan number sense yang dimiliki siswa kelas 5 MIN 2 Ponorogo, (3) mendeskripsikan perbedaan kemampuan number sense siswa antara kelas 3 dan kelas 5 MIN 2 Ponorogo, (4) mendeskripsikan perbedaan kemampuan number sense antara siswa laki-laki dan siswa perempuan MIN 2 Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas 3 dan kelas 5 MIN 2 Ponorogo. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2021. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan memberikan tes, sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu soal tes number sense (NST) yang diadopsi dari Jurnal McIntosh, B. Reys, R. Reys, Bana, dan Farrell (1997) dan pertanyaan-pertanyaan yang ada disesuaikan dengan materi kelas 3 dan 5 di MIN 2 Ponorogo. Data dianalisis secara statistika deskriptif yaitu mencari rata-rata, skor maksimal, range (skor terendah sampai skor tertinggi). Setelah dianalisis data tersebut dideskripsikan secara jelas agar mudah difahami. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan number sense yang dimiliki oleh siswa kelas 3 dan kelas 5 MIN 2 Ponorogo. Ternyata hasil tes kemampuan number sense siswa kelas 3 adalah 74,5 dan hasil tes kemampuan number sense siswa kelas 5 adalah 65,2. Diperoleh hasil bahwa kemampuan number sense siswa kelas 3 lebih tinggi daripada kelas 5. Kedua kelas tersebut sama-sama tergolong cukup baik. Kemudian, terdapat perbedaan kemampuan number sense antara siswa laki-laki dan siswa perempuan dari kedua kelas tersebut. Hasil tes kemampuan number sense siswa laki-laki diperoleh rata-rata sebesar 64,1 dan siswa perempuan memperoleh rata-rata sebesar 75,95. Diperoleh hasil bahwa kemampuan number sense siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki. Antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan sama-sama tergolong cukup baik. Kata Kunci: Number Sense, Konsep Bilangan, Perbandingan Kemampuan Number Sense. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 27 Aug 2021 00:34 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 06:49 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7140 |
Actions (login required)
View Item |