PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 2 NGROGUNG NGEBEL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SANGGAR , RAHAYU (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 2 NGROGUNG NGEBEL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Artikel thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (68kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (79kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (105kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (198kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (32kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan 2.pdf

Download (989kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Sanggar Rahayu, 2014. “Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Pada Materi KPK dan FPB Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Presentasi Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Ngrogung Ngebel Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Program Studi Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing : Intan Sari Rufiana, S.Pd Kata kunci : Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Aktivitas Siswa, Presentasi Siswa Pembelajaran matematika tidak bisa lepas dari masalah yang ada di dalamnya. Seperti kondisi siswa di SDN 2 Ngrogung, guru masih menggunakan metode konvensional. Sehingga siswa cenderung pasif, malas bertanya dan prestasi belajar tidak mencapai KKM yang ditetapkan. Salah satu alternatif adalah strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dalam pembelajaran ini terdapat kerjasama antar anggota kelompok untuk berfikir bersama, sehingga siswa dapat aktif dalam pembelajaran. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian tindakan ini adalah: (a) Apakah strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 2 Ngrogung Ngebel tahun pelajaran 2013/2014? (b) Apakah strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 2 Ngrogung Ngebel tahun 2013/2014? Tujuan penelitian tindakan ini adalah : Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika dan aktivitas siswa kelas V SDN 2 Ngrogung Ngebel Tahun Pelajaran 2013/2014 pada materi KPK dan FPB melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan dalam tiap siklus terdiri dari empat tahapan tindakan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data tentang prestasi belajar siswa diperoleh dari tes formatif dan data tentang aktivitas siswa diperoleh dari observasi. Setelah semua data terkumpul, kemudian dianalisis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas V SDN 2 Ngrogung Ngebel tahun 2013/2014 dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkat yaitu pada siklus I presentase ketuntasan belajar yang diperoleh adalah 58 % kemudian meningkat pada siklus II menjadi 76,47 %. Aktivitas belajar siswa kelas V SDN 2 Ngrogung Ngebel tahun 2013/2014 dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkat. Yaitu pada siklus I rata-rata hasil observasi aktivitas siswa yang diperoleh sebesar 2,85 kemudian meningkat pada siklus II sebesar 3,12.

Item Type: Thesis (Artikel)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 29 Mar 2014 03:59
Last Modified: 29 Mar 2014 03:59
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/76

Actions (login required)

View Item View Item