PERAN MARKETING SYARIAH TERHADAP LOYALITAS MITRA DI KSPPS BMD SYARIAH PONOROGO

Usman, Arif (2021) PERAN MARKETING SYARIAH TERHADAP LOYALITAS MITRA DI KSPPS BMD SYARIAH PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (surat persetujuan unggah karya ilmiah)
surat pernyataan unggah karya ilmiah.pdf

Download (837kB)
[img] Text (halaman judul)
HALAMAN JUDUL fik.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I fik.pdf

Download (708kB)
[img] Text (BAB II)
BAB IIa.pdf

Download (879kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (540kB)

Abstract

Kunci keunggulan bersaing secara sehat dalam situasi pasar yang penuh persaingan adalah kemampuan perusahaan meningkatkan loyalitas mitra. Berdasarkan setiap tahun mitra yang aktif mengalami fluktuatif. Pada tahun 2017 mengalami peningkatan sebanyak 5.779, pada tahun 2018 mengalami peningkatan sebanyak 6.582, pada tahun 2019 mengalami penurunan sebanyak 5.906. Kejadian ini sangat jelas nasabah yang tidak aktif dan keluar setiap tahunnya mengalami peningkatan dan penurunan. Menyikapi hal tersebut berarti menunjukkan bahwa loyalitas mitra berkurang. Disamping itu, terdapat beberapa kendala diantaranya yakni sosialiasi. Berarti itu menunjukkan bahwa marketing syariah terhadap kualitas pelayanan KSPPS BMD Syariah Ponorogo belum terpenuhi. Latar belakang tersebut dapat ditarik rumusan masalah: 1) Apakah People berpengaruh terhadap loyalitas mitra di KSPPS BMD Syariah Ponorogo? 2) Apakah kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas mitra di KSPPS BMD Syariah Ponorogo? 3) Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas mutra di KSPPS BMD Syariah Ponorogo? 4) Apakah People, kualitas produk dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas mitra di KSPPS BMD Syariah Ponorogo? Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 nasabah. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh secara positif dan signifikan antara variabel marketing syariah, variabel kualitas produk dan variabel kualitas pelayanan terhadap variabel loyalitas mitra di KSPPS BMD Syariah Ponorogo. Pada pengujian koefisien determinasi yang disesuaikan (Adjusted R Square) diperoleh nilai sebesar 0,504, yang memiliki arti bahwa variabel loyalitas mitra di KSPPS BMD Syariah Ponorogo dijelaskan oleh variabel marketing syariah, variabel kualitas produk dan variabel kualitas pelayanan sebesar 50,4 % dan sisanya 49,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pada uji t diketahui bahwa secara parsial variabel marketing syariah, variabel kualitas produk dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas mitra di KSPPS BMD Syariah Ponorogo. Pada uji F diketahui bahwa secara simultan atau serempak variabel marketing syariah, variabel kualitas produk dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas mitra di KSPPS BMD Syariah Ponorogo. Kata Kunci : People, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Mitra.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: People, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Mitra
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 02 Sep 2021 22:31
Last Modified: 01 Nov 2021 02:20
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7619

Actions (login required)

View Item View Item