PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI MI AL-BASYARIYAH NGUMPUL

Choirozziyaadatas Sholihah, Aksib (2021) PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI MI AL-BASYARIYAH NGUMPUL. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiyah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah__Nama__.pdf

Download (434kB)
[img] Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Aksib Choirozziyaadatas S. 2021. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kedisiplinan Siswa di MI Al-Basyariyah Balong. Skripsi. Program Strata Satu (S1), prodi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, fakultas agama islam, universitas muhammadiyah ponorogo. pembimbing (I) Dr. Happy Susanto, MA. (II) Rohmadi, M.PI Kata Kunci : Kompetensi Pedagogi, kepribadian, social, professional, disiplin sekolah Penelitian skripsi ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Basyariyah Balong mengenai kedisiplinan siswa. Kedisiplinan yang dimaksud dalam penelitian ini terfokus pada disiplin di sekolah dengan taat peraturan yang ada, sebagian siswa yang tidak mengerjakan PR, masuk terlambat ketika jam istirahat berakhir, serta kurangnya minat belajar siswa di dalam kelas. Hal ini menyebabkan peneliti membahas tentang seberapa penting guru menguasai kompetensi yang digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi guru baik secara individual maupun secara simultan terhadap sikap disiplin siswa. Metode penelitian ini adalah kuantitaitf dan deskriptif. Dalam mengukur variable penelitian, peneliti melakukan uji instrument terlebih dahulu, yaitu validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan, dalam mengukur pengaruh kedua variable menggunakan rumus korelasi dan regensi linier sederhana. Uuntuk membuktikan permasalahan tersebut, penulis mengadakan penelitian di MI Al-Basyariyah Balong dengan objek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV, V dan VI, pengambilan sampel yaitu sejumlah 63 peserta didik dan 25 pendidik. Berdasarkan hasil analisis terhadap data penelitian dari kedua variabel dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru terhadap kedisiplinan siswa di MI Al-Basyariyah Balong. Hal tersebut dibuktikan dengan data perhitungan statistic dengan uji korelasi bahwa rhitung lebih besar dari rtabel dengan tingkat kepercayaan responden sebanyak 25 guru dan 63 peserta didik. Tingkat pengaruh kompetensi guru terhadap kedisiplinan siswa sebesar 73,2% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, sosial, kedisiplinan siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:40
Last Modified: 05 Nov 2021 02:24
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7915

Actions (login required)

View Item View Item