Analisis manajemen event Reyog Jazz sebagai salah satu strategi komunikasi pemasaran budaya dan wisata Kabupaten Ponorogo

Ayunda, Fatika Bella and Megantari, Krisna (2021) Analisis manajemen event Reyog Jazz sebagai salah satu strategi komunikasi pemasaran budaya dan wisata Kabupaten Ponorogo. COMMICAST, 2 (2). pp. 81-89. ISSN 2723-7672

[img] Text
4a Analisis Manajemen Event Reyog Jazz Sebagai Salah Satu Strategi Komunikasi.pdf

Download (554kB)
[img] Text
4b Analisis Manajemen Event Reyog Jazz Sebagai Salah Satu Strategi Komunikasi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4c Analisis Manajemen Event Reyog Jazz Sebagai Salah Satu Strategi Komunikasi.pdf

Download (339kB)
Official URL: http://journal2.uad.ac.id/index.php/commicast/arti...

Abstract

Pemerintah Kabupaten Ponorogo sedang melakukan upaya untuk memasarkan atau mempromosikan potensi yang ada di Ponorogo agar dikenal oleh masyarakat dari lokal, nasional ataupun internasional. Salah satunya yakni dengan menggunakan event, seperti event Reyog Jazz yang dibuat sebagai strategi komunikasi pemasaran budaya dan wisata Kabupaten Ponorogo. Maka dari itu untuk melaksanakan event Reyog Jazz dibutuhkan pengorganisasian dari awal sampai akhir yang disebut dengan manajemen event. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana permasalahan dijelaskan secara sistematis dan berdasarkan data yang diperoleh dengan melalui observasi langsung ataupun wawancara kepada pihak-pihak yang dirasa kompeten untuk menjawab permasalahan yang ada, seperti Bapak Agus Setiawan Basuni selaku Founder WartaJazz, Ibu Farida Nuraini, S.Sos.,MM dan Bapak Franky Andrias.M selaku Dinas Pariwisata Kabupaten Ponorogo, Volunteer, serta beberapa pengunjung yang mentonton event Reyog Jazz. Untuk menjawab permasalahan yang ada maka digunakan teori manajemen event milik Goldblatt yang terdiri dari Research, Design, Planning, Coordination, Evaluation. Hasil dari penelitian ini menunjukan bagaimana tim Reyog Jazz merencanakan event sampai dengan penerapannya. Dan jika dilihat, tim Reyog Jazz sudah menerapkan manajemen event dengan cukup baik meskipun pada implementasinya masih terdapat beberapa evaluasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Manajemen Event Strategi Pemasaran Reyog Jaz Ponorogo
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science
Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 21 Sep 2021 06:44
Last Modified: 21 Sep 2021 06:44
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7999

Actions (login required)

View Item View Item