Ekasari, Ekasari (2021) PEMANFAATAN LITERASI DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MEMBENTUK PERILAKU BELAJAR SISWA DI SDN 4 KREBET JAMBON PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
Surah Keputusan Unggah Karya Ilmiah Ekasari.pdf Download (134kB) |
|
Text
Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (426kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (521kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (267kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Ekasari. 2021. Pemanfaatan Literasi Digital Sebagai Media Pembelajaran dalam Membentuk Perilaku belajar Siswa di SDN 4 Krebet Jambon Ponorogo. Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (1) Dr. M. Zainal Arif, M. A, (II) Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd.I. Kata Kunci: Pemanfaatan, Literasi Digital, Media Pembelajaran. Pada era digital saat pandemi seperti sekaraang ini, perkembangan media dan teknologi digital yang semakin canggih mendorong revolusi permainan anak-anak. Jika zaman dulu permainan anak mengunakan gerak fisik dan lahan yang luas, maka saat ini hal semacam itu sudah tidak diperlukan, dan itu tidak hanya bagi anak-anak dikota besar saja tetapi di daerah terpencil pun demikian. Kini hanya dengan media digital anak-anak bisa bermain dengan asik di dalam ruangan kecil bahkan tanpa teman. Dimasa inilah, game online, media sosial dan media digital memenangkan dunia anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pemanfaatan, penerapan dan dampak literasi digital sebagai media pembelajaran dalam membentuk perilaku Islami slami siswa di SDN 4 Krebet Jambon Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data mengunakan teknik deskriptif dengan cara mengunakan alur reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Teknik cek keabsahan data dengan cara meningkatkan ketekunan, triangulasi data dan auditing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Penerapan pemanfaatan literasi digital sebagai media pembelajaran dalam membentuk perilaku Islami Siswa adalah Kepala sekolah menyediakan media dan teknologi digital. 2). Strategi pemanfataatan literasi digital sebagai media pembelajaran dalam membentuk perilaku Islami siswa adalah memberikan pelatihan kepada kepala sekolah dan memberikan pelatihan kepada guru atau tenaga pendidikan dalam pengunaan atau pemanfaatan media digital dalam pembelajaran, memberikan penyuluhan kepada orang tua tentang bagaimana mengunakan internet. 3). Dampak dari pemanfaatan literasi digital dalam membentuk perilaku Islami siswa yaitu dampak positif: sebagai sarana pengembangan keterampilan teknis dan pembelajaran efektif, pembelajaran lebih menarik, motivasi siswa lebih meningkat, sebagai sarana pengembangan bakat yang terpendam. Sedangkan, dampak negatif: dapat mengakibatkan peserta didik lebih mementingkan diri sendiri daripada orang lain karena ada nya situs jejaring social, segala konten dapat diakses sehingga berakibat pada akses yang tidak layak bagi peserta didik, kekerasan atau kriminalitas, lupa waktu sehingga sering meninggalkan apa yang menjadi kewajibannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 01:37 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 04:35 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8380 |
Actions (login required)
View Item |