Ayuningtias, Diah (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VII SMP MELALUI STRATEGI SCAFFOLDING. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAHd.pdf Download (262kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (294kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (363kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (60kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (983kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa terhadap soal cerita bilangan bulat melalui strategi Scaffolding. Jenis Scaffolding yang digunakan dalam penelitian ini meliputi penjelasan (explaining), meninjau (reviewing), merestrukturisasi (restructuring), mengembangkan konsep (developing concept). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (Action Research). Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Adapun model penelitian yang digunakan yaitu model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan dalam setiap siklusnya, diantaranya : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo. Sedangkan subjek penelitian yaitu terdiri dari 3 siswa kelas VII SMPN 1 Bungkal yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita bilangan bulat. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa terhadap soal cerita bilangan bulat, dibandingkan sebelum diberi tindakan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan kemampuan ketiga siswa terhadap: 1) memahami masalah, khususnya dalam membuat sketsa, 2) Membuat rencana, khususnya dalam menyusun langkah penyelesaian dan membuat model matematika, 3) Melakukan rencana, khususnya dalam menghitung operasi (+,-,×,÷) bilangan bulat, dan 4) Memeriksa kembali, khususnya dalam membuat kesimpulan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Scaffolding, memecahkan masalah, soal cerita matematika, bilangan bulat. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 25 Mar 2022 03:25 |
Last Modified: | 25 Mar 2022 03:25 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8968 |
Actions (login required)
View Item |