DAMPAK KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DI SDN 1 KESUGIHAN, PULUNG, PONOROGO

Putri subandi, Saskia (2022) DAMPAK KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DI SDN 1 KESUGIHAN, PULUNG, PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya)
CamScanner 04-26-2022 11.59_1.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB I skripsi-dikonversi.pdf

Download (122kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN __.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab II)
BAB II skripsi.pdf

Download (440kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Saskia Fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Saskia Putri Subandi.2021. Dampak Kecanduan Game Online Terhadap Pendidikan Anak Di SDN 1 Kesugihan,Pulung,Ponorogo. Skripsi. Program Strata Satu (S-1), Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo . Pembimbing : (1). Dr.H.Nurul Iman,Lc.M.H.i (II).Aldo Redho Syam, M.Pd.I Kata Kunci : Game, Game Online, Pendidikan Game adalah suatu permainan tertentu yang didalamnya terdapat aturan menang atau kalah. Banyaknya bentuk dan faktor yang menyebabkan kecanduan game online pada anak usia sekolah di SDN 1 Kesugihan, Pulung. Kecanduan game online juga memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan terhadap pendidikan anak di SDN 1 Kesugihan,Pulung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu mengadakan penelitian dan mengumpulkan data berupa gambar, kata-kata dan bukan berupa angka melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dalam proses penelitiannya. Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui dampak yang ditimbulkan dari permainan game online. Hasil dari penelitian ini adalah bermain game online menimbulkan dampak yang beragam. Banyaknya siswa yang bermain game online membuat waktu mereka yang seharusnya digunakan untuk belajar menjadi digunakan untuk bermain game online yang bahkan mengakibatkan mereka menjadi kecanduan untuk terus memainkannya. Faktor bencana, psikologi, lingkungan bahkan teknologi informasi dan komunikasi menjadi faktor utama penyebab banyaknya anak yang bermain game online. Bentuk kecanduan game online sebagai gangguan psikis yang sering tidak diakui keberadaannya. Hal ini dapat mempengaruhi penggunanya yang menyebabkan timbulnya masalah relasional, pekerjaan, yang membuat anak kehilangan banyak waktu dalam hidupnya. Faktor lingkungan, psikologis, teknologi informasi dan komunikasi serta faktor bencana pandemi covid-19 menjadi faktor utama anak menjadi kecanduan game online. Hal ini yang menyebabkan nilai akademik siswa disekolah menjadi menurun karena konsentrasi belajar mereka menurun. Kelebihan kecanduan game online diantaranya mampu mengasah keterampilan, mengambil keputusan, serta dapat memelihara interaksi sosial. Kekurangan kecanduan game online diantaranya dapat mengganggu kesehatan, menimbulkan efek ketagihan, pemborosan hingga dapat berpengaruh terhadap psikologis seseorang

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Game, Game Online, Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 27 Apr 2022 02:54
Last Modified: 27 Apr 2022 02:54
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/9014

Actions (login required)

View Item View Item