PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TA'WIDDIYYAH PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 1 PONOROGO
AMALIA, ASTITI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TA'WIDDIYYAH PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 1 PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
| 
              
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
 surat persetujuan unggah karya ilmiah .pdf Download (287kB)  | 
          |
| 
              
Text (HALAMAN DEPAN)
 HALAMAN DEPAN.pdf Download (737kB)  | 
          |
| 
              
Text (BAB 1)
 BAB I.docx.pdf Download (208kB)  | 
          |
| 
              
Text (BAB 2)
 BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB)  | 
          |
| 
              
Text (BAB 3)
 BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB)  | 
          |
| 
              
Text (BAB 4)
 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB)  | 
          |
| 
              
Text (BAB 5)
 BAB 5.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB)  | 
          |
| 
              
Text (DAFTAR PUSTAKA)
 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB)  | 
          |
| 
              
Text (LAMPIRAN)
 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB)  | 
          |
| 
              
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
 SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB)  | 
          
Abstract
Salah satu lembaga yang sudah menerapkan model ta’widdiyyah dalam pembetukan karakter disiplin siswa adalah SMA Negeri 1 Ponorogo, para peserta selain belajar pengetahuan mereka sangat terpantau dalam segi religiusitas contohnya ibadah rutin, kegaiatan kerohanian dll. Tentunya dalam proses ini tidak mudah, dengan pergulan, dan dunia luar yang semakin bebas memberikan dampak signifikan yang perlu dikuatkan dalam penanaman pendidikan karakter kepada pesert didik.
Tujuan serta fokus penelitian ini dilakukan yakni (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ta’widdiyyah pada Pendidikan Agama Islam terhadap kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Ponorogo (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran ta’widdiyyah pada Pendidikan Agama Islam terhadap Kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Ponorogo. 
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantiatif, yakni dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan penyebaran kuesioner (angket), dan dokumentasi. pada penelitian ini peneliti langsung melakukan audiensi bersama  dengan guru PAI di SMA Negeri 1 Ponorogo yang berkaitan tentang model pembelajaran ta’widdiyyah. Peneliti melakukan observasi langsung dan mengikuti serangkaian kegiatan ta’widdiyyah yang ada di SMA Negeri 1 Ponorogo. Partisipasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Teknik statistik asumsi klasik. Teknik ini digunakan untuk menganalisis adanya pengaruh dan tidak berpengaruh yang signifikan antara model pembelajaran ta’widdiyyah terhadap kedisiplinan siswa. 
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran ta’widdiyyah terhadap kedisiplinan siswa ini dibuktikan dengan analisis regresi sederhana thitung  = 2,849 > t tabel = 2,004 yang artinya model pembelajaran ta’widdiyyah berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa, perhitungan uji t   2.849 > 1,673 dan nilai signifikan 0,006 < 0,05 Maka disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. uji f dengan hasil Nilai F hitung 8,115 > 4,02, maka hipotesis dinyatakan diterima.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Ta’widdiyyah, Model Pembelajaran, Kedisiplinan Siswa | 
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies | 
| Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies | 
| Depositing User: | fai , userfai | 
| Date Deposited: | 29 Aug 2024 08:24 | 
| Last Modified: | 03 Nov 2025 06:08 | 
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14780 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
      