PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TA'WIDDIYYAH PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 1 PONOROGO



AMALIA, ASTITI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TA'WIDDIYYAH PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 1 PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
surat persetujuan unggah karya ilmiah .pdf

Download (287kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (737kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.docx.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu lembaga yang sudah menerapkan model ta’widdiyyah dalam pembetukan karakter disiplin siswa adalah SMA Negeri 1 Ponorogo, para peserta selain belajar pengetahuan mereka sangat terpantau dalam segi religiusitas contohnya ibadah rutin, kegaiatan kerohanian dll. Tentunya dalam proses ini tidak mudah, dengan pergulan, dan dunia luar yang semakin bebas memberikan dampak signifikan yang perlu dikuatkan dalam penanaman pendidikan karakter kepada pesert didik.
Tujuan serta fokus penelitian ini dilakukan yakni (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ta’widdiyyah pada Pendidikan Agama Islam terhadap kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Ponorogo (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran ta’widdiyyah pada Pendidikan Agama Islam terhadap Kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantiatif, yakni dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan penyebaran kuesioner (angket), dan dokumentasi. pada penelitian ini peneliti langsung melakukan audiensi bersama dengan guru PAI di SMA Negeri 1 Ponorogo yang berkaitan tentang model pembelajaran ta’widdiyyah. Peneliti melakukan observasi langsung dan mengikuti serangkaian kegiatan ta’widdiyyah yang ada di SMA Negeri 1 Ponorogo. Partisipasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Teknik statistik asumsi klasik. Teknik ini digunakan untuk menganalisis adanya pengaruh dan tidak berpengaruh yang signifikan antara model pembelajaran ta’widdiyyah terhadap kedisiplinan siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran ta’widdiyyah terhadap kedisiplinan siswa ini dibuktikan dengan analisis regresi sederhana thitung = 2,849 > t tabel = 2,004 yang artinya model pembelajaran ta’widdiyyah berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa, perhitungan uji t 2.849 > 1,673 dan nilai signifikan 0,006 < 0,05 Maka disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. uji f dengan hasil Nilai F hitung 8,115 > 4,02, maka hipotesis dinyatakan diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Ta’widdiyyah, Model Pembelajaran, Kedisiplinan Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 29 Aug 2024 08:24
Last Modified: 03 Nov 2025 06:08
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14780

Actions (login required)

View Item View Item