ANALISIS TOPIK BINATANG SEBAGAI REFERENSI MATERI DALAM PENYUSUNAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI



Amalia, Rifqi, Wulansari, Betty Yulia and Muttaqin, Muhamad Azam (2024) ANALISIS TOPIK BINATANG SEBAGAI REFERENSI MATERI DALAM PENYUSUNAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Guru, 6 (1). pp. 1-12. ISSN P-ISSN 2722-1504 | E-ISSN 2721-1002

[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ARTIKEL ASLI] Text (ARTIKEL ASLI)
ARTIKEL ASLI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[thumbnail of LAMPIRAN LOA] Text (LAMPIRAN LOA)
LAMPIRAN LOA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[thumbnail of JURNAL FULL TEXT] Text (JURNAL FULL TEXT)
JURNAL FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/in...

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran yang interaktif melalui kegiatan projek memberikan peluang lebih luas pada anak untuk lebih aktif mengekplorasi lingkungan sekitar. Topik binatang sering dianggap sukar untuk dipelajari dan dipahami disebabkan konsep yang luas, serta kosakata asing atau latin yang mengakibatkan peserta didik kesulitan dalam memahami. Materi topik binatang merupakan hal yang dekat dengan lingkungan anak. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan materi topik binatang sebagai referensi guru dalam membuat modul ajar kurikulum merdeka. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur. Dari hasil analisis peneliti menemukan materi topik binatang yang meliputi: binatang cacing, moluska, serangga, ikan, amfibi, burung, dan mamalia dapat disampaikan pada anak usia dini dengan kata-kata yang mudah dipahami. Di samping itu pembelajaran dapat di integrasikan dengan belajar sambil bermain yang menyenangkan serta pengalaman belajar secara langsung. Sehingga anakanak akan semakin tertarik untuk mengamati dan belajar lebih banyak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Modul ajar, Binatang, Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:05
Last Modified: 28 May 2025 02:42
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15026

Actions (login required)

View Item View Item