NILAI DAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI PERGURUAN TINGGI BERBASIS PESANTREN DI UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR PONOROGO
Safrianto, Arif, Susanto, Happy and Harmanto, Bambang (2024) NILAI DAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI PERGURUAN TINGGI BERBASIS PESANTREN DI UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR PONOROGO. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (Surat Persetujuan Unggah karya Ilmiah)
1. SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (3MB) |
|
|
Text (Halaman Depan)
2. Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Download (468kB) |
|
|
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) |
|
|
Text (BAB III)
5. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
|
|
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
8. Daftar Pustaka.pdf Download (433kB) |
|
|
Text (Lampiran)
9. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text (Thesis Full Text)
10. Thesis Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Safrianto Arif, 2024, Nilai dan Sistem Pendidikan Islam di Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren di Universitas Darussalam Gontor Ponorogo, Tesis, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing (1) Dr. Happy Susanto, M.A, Pembimbing (1) Dr. Bambang Harmanto, M.Pd.
UNIDA Gontor (Universitas Darussalam Gontor) merupakan perguruan tinggi yang menawarkan pendidikan tinggi berbasis pesantren. Pesantren merupakan lembaga Pendidikan asli Indonesia, kehadiran pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam kini semakin diminati oleh banyak kalangan karena mempunyai nilai dan keunggulan di banding lembaga lain dengan mengedepankan nilai-nilai keagamaan dan sosial. Penelitian ini membahasa tentang konsep pendidikan Islam di perguruan tinggi berbasis pesantren yang ada di UNIDA Gontor beserta nilai dan sistemnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis nilai dan sistem dalam konsep pendidikan Islam diperguruan tinggi berbasis pesantren di Universitas Darussalam Gontor Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif analitik untuk memperoleh gambaran menyeluruh dan sistematis. Penyajian data, analisis data melalui reduksi data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengumpulan data dilakukan mengunakan cara triangulasi atau gabungan. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini terfokus pada pendidikan Islam beserta nilai dan sistem yang ada didalamnya keabsahan data dalam penelitian ini meliputi credibility, transferability, dependability, dan confirmability.
Penelitian ini menghasilkan: (1) Konsep pendidikan Islam di UNIDA Gontor dengan penanaman karakter, pemahaman makna akhlakul karimah dalam berkepribadian didukung dengan pengetahuan yang luas berdasarkan panca jiwa. (2) Bersistem pondok Modern adalah integrasi sistim pendidikan-pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan nilai-nilai kepesantrenan yang terdiri dari keiklasan, kesederhanaan, ukhuwah Islamiyah, kemandirian dan kebebasan.
Kata kunci : Pendidikan Islam, Perguruan Tinggi, Pesantren, Nilai dan Sistem.
| Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies |
| Depositing User: | pasca . userpasca |
| Date Deposited: | 10 Sep 2024 06:24 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 04:23 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15097 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
