STRATEGI GURU DALAM MENSTIMULASI PENANAMAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI PADA KEGIATAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERINSIASI



Yuliani, Ayu Anisa, Cahyono, M.Pd, Hadi and Irsad Rusdiani, M.Pd, Nurtina (2024) STRATEGI GURU DALAM MENSTIMULASI PENANAMAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI PADA KEGIATAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERINSIASI. JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN. ISSN 2614-8854

[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA AYU.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN AYU.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of ARTIKEL] Text (ARTIKEL)
ARTIKEL AYU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[thumbnail of LOA] Text (LOA)
LOA AYU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT AYU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/...

Abstract

Berbagai sikap penting yang perlu dimiliki anak yaitu termasuk kemandirian. Pada anak usia dini, kemandirian merupakan dasar untuk pengendalian diri. Kemandirian ini dapat dipacu melalui berbagai metode pembelajaran, salah satunya adalah model pembelajaran berdiferensiasi, yang menyesuaikan dengan kebutuhan belajar individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi guru dalam menstimulasi karakter kemandirian anak usia dini melalui model pembelajaran berdiferensiasi. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari guru, orang tua, dan kepala sekolah TK Dharma Wanita Petungrejo di Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data, mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru meliputi Pengaturan lingkungan belajar yang mendukung, Pengembangan kegiatan yang bervariasi, Pemberian tugas dan tanggung jawab, Pemberian dukungan dan bimbingan, Penggunaan penilaian formatif yang berkelanjutan, dan Kerjasama dengan orang tua. Pembelajaran berdiferensiasi memungkinkan siswa belajar secara alami dan efisien, dengan guru yang mampu menggabungkan metode dan pendekatan yang sesuai. Temuan ini mengindikasikan pentingnya peran guru dalam membimbing dan memfasilitasi perkembangan karakter kemandirian anak usia dini melalui model pembelajaran berdiferensiasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi guru, stimulasi kemandirian anak, Anak usia dini, pembelajaran model diferensiasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 13 Sep 2024 00:51
Last Modified: 28 May 2025 03:01
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15206

Actions (login required)

View Item View Item