PERAN GURU DALAM MENGUATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI TK AISYIYAH 1 MAGETAN



Tasrikah, Lailatul, Mahardhani, Ardhana Januar, Muttaqin, Muhammad Azam and Ponorogo, Universitas Muhammadiyah (2024) PERAN GURU DALAM MENGUATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI TK AISYIYAH 1 MAGETAN. Journal of SALIHA (Jurnal Pendidikan dan Agama Islam), 7 (2). pp. 1-12. ISSN P-ISSN 2614-1388 | E-ISSN 2622-7479.

[thumbnail of Surat Persetujuan Unggah Karya] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya)
LAILA_UNGGAH KARYA (1).pdf

Download (259kB)
[thumbnail of halaman depan] Text (halaman depan)
2. halaman depan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of artikel ilmiah] Text (artikel ilmiah)
3. artikel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)
[thumbnail of LOA] Text (LOA)
3. loa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Artikel Full Text] Text (Artikel Full Text)
All.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://staitbiasjogja.ac.id/jurnal/index.php/sali...

Abstract

Sikap dan perilaku yang baik adalah sifat utama yang dikembangkan pada anak usia dini. Keberadaan sekolah adalah salah satu lembaga yang dapat mengembangkan hal ini. Sekolah, sebagai institusi pendidikan formal, digunakan untuk menyampaikan prinsip-prinsip moral dan mendidik anak. Peran guru dalam menguatkan karakter religius anak adalah tujuan penelitian ini. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk melakukan penelitian di TK Aisyiyah I Magetan. Observasi, dokumentasi, dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru tidak hanya berfungsi sebagai pendidik dan pengawas tetapi juga menjadi model bagi siswa di sekolah, berfungsi sebagai orang tua kedua mereka. TK Aisyiyah I Magetan juga menggunakan strategi berikut untuk meningkatkan nilai-nilai karakter religius: 1) melakukan sholat dhuha

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru, Anak Usia Dini, Religius
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 17 Sep 2024 05:46
Last Modified: 28 May 2025 03:09
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15277

Actions (login required)

View Item View Item