ANALISIS PEMASARAN SYARIAH TERHADAP PRODUK MAKANAN DI WARTEG MAZBALAH



Khairil Anwar, Muhammad Nur (2024) ANALISIS PEMASARAN SYARIAH TERHADAP PRODUK MAKANAN DI WARTEG MAZBALAH. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Pernyataan Unggah Karya Ilmiah (materai) fiks.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1..pdf

Download (338kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Fullteks] Text (Skripsi Fullteks)
skirpsi fullteks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Anwar, Khairil, Nur, M, 2024. ANALISIS PEMASARAN SYARIAH TERHADAP
PRODUK MAKANAN DI WARTEG MAZBALAH Program studi Ekonomi
Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Pembimbing: Bapak Dr. Nurul Iman Lc, M.H.I dan Bapak Mushlih
Candrakusuma, S.H.I., M.E.
Kata Kunci: Pemasaran Syariah, Produk Makanan.
Skripsi ini membahas terkait bagaimana pemasaran syariah usaha warteg yang
ada di Jakarta Selatan (Analisis Pemasaran Syariah terhadap Produk Makanan di
Warteg Mazbalah). Skripsi ini sendiri tersusun dengan mengangkat masalah yaitu:
Bagaimana pemasaran syariah yang dilakukan oleh Warteg Mazbalah dan strategi apa
yang mereka gunakan untuk memasarkan produk makanan mereka. Pemasaran Syariah
merupakan suatu konsep pemasaran yang terdiri dari berbagai macam elemen yang
mana dalam penerapannya dilandaskan atas akad dan sesuai dengan apa yang di
perintahkan oleh syariat. Strategi pemasaran sendiri menjadi salah satu faktor
pendukung yang mana dalam memberikan profit tambahan dalam suatu perusahaan.
Maka demi mendukung hal tersebut diperlukan Strategi pemasaran makanan yang baik
untuk menunjang produk makanan yang di tawarkan oleh Warteg Mazbalah agar
banyak diminati oleh banyak konsumen.
Berdasarkan masalah di atas, peneliti mempunyai 3 rumusan masalah yang akan
di teliti. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1.) Bagaimana Warteg
Mazbalah memasarkan produk makanan mereka kepada masyarakat sekitar?, 2.) Apa
Strategi yang digunakan oleh pemilik Warteg Mazbalah dalam pemasaran produk
makanan mereka?, 3.) Apa tantangan dan Hambatan bagi Warteg Mazbalah dalam
memasarkan produk mereka?
Jenis Penelitiannya adalah penelitian studi kasus, Penelitian ini dilakukan
dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan metode wawancara, teknik observasi, dan dokumentasi.
Informan dalam penelitian ini terdiri dari Pemilik Warteg Mazbalah, Karyawan Warteg
Mazbalah, dan beberapa pelanggan tetap Warteg Mazbalah. Data yang terkumpul untuk
observasi data wawancara dianalisis dengan teknik analisis triangulasi.
Hasil dari penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwasanya Warteg Mazbalah
memasarkan produk makanan mereka menggunakan panduan pemasaran syariah yang
terdiri dari 5 elemen pokok dengan menerapkan sistem yang sesuai dan terpantau oleh
ajaran agama Islam, sedangkan mereka menggunakan strategi produk, harga, promosi,
dan tempat dalam berjualan dengan berlandaskan nilai-nilai syariah, terdapat beberapa
kendala juga yang menjadi penghalang dalam berjalannya usaha mereka yang mana
dibagi menjadi 3 bagian, yaitu: kendala sebelum terjadinya Covid-19, kendala ketika
terjadinya Covid-19 dan kendala pemasaran produk makanan mereka setelah terjadinya
Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Syariah, Produk Makanan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Sharia Economics
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 17 Sep 2024 04:11
Last Modified: 19 May 2025 07:22
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15377

Actions (login required)

View Item View Item