Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot pada pembelajaran PAI terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kasreman
Kurniawan, Joni (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot pada pembelajaran PAI terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kasreman. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
![]() |
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat Persetujuan Unggah Karya Joni.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text (HALAMAN DEPAN)
halaman depan.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
bab 1.pdf Download (770kB) |
![]() |
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (906kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (932kB) |
![]() |
Text (BAB V)
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (787kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kurniawan, Joni. 2024. Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot pada pembelajaran PAI terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kasreman. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (I) Dr. Sigit Dwi Laksana, M.Pd.I, dan pembimbing (II) Lilis Sumaryanti, M.Pd.
Kata Kunci : Media kahoot, prestasi belajar, peserta didik
Guru sering kali menggunakan berbagai cara dan media pembelajaran, termasuk ceramah, diskusi, dan media lainnya. Namun, jika cara-cara ini digunakan secara terus-menerus, siswa bisa cepat merasa bosan, jenuh, atau bahkan malas untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kuis interaktif berbasis platform digital Kahoot pada pembelajaran PAI kelas viii SMP N 2 Kasreman Ngawi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif, penelitian kuantitatif adalah metode yang berdasarkan pada filsafat positivism, yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data yang bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan.
Berdasarkan uji t, diketahui bahwa rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen adalah 75,70, dengan nilai minimum 40 dan nilai maksimum 90, sedangkan rata-rata nilai post-test adalah 85,10. Ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 9,60 dari pre-test ke post-test. Analisis akhir menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan r hitung sebesar 5,252, sedangkan r tabel = 1,686. Karena t hitung > t tabel, maka signifikansi dan hipotesis yang diajukan diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan media kuis interaktif berbasis platform digital Kahoot dalam pembelajaran PAI di SMP N 2 Kasreman Ngawi.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media kahoot, prestasi belajar, peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 01:46 |
Last Modified: | 21 May 2025 06:50 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15547 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |