ANALISIS SENTIMEN KOMENTAR SOSIAL MEDIA TERKAIT PENERAPAN E-PARKING PONOROGO(PARKIR-GO) DENGAN METODE BIDIRECTIONAL ENCODER FROM TRANSFORMERS (BERT)



Wati, Riana (2025) ANALISIS SENTIMEN KOMENTAR SOSIAL MEDIA TERKAIT PENERAPAN E-PARKING PONOROGO(PARKIR-GO) DENGAN METODE BIDIRECTIONAL ENCODER FROM TRANSFORMERS (BERT). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
1. SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
9. SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen masyarakat terhadap kebijakan E-Parking di Kabupaten Ponorogo melalui media sosial serta mengukur akurasi kinerja algoritma BERT dalam analisis sentimen multibahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model BERT multilingual base memiliki performa yang kurang optimal, terutama dalam mengklasifikasikan sentimen positif pada data yang sebagian besar berbahasa jawa, dengan akurasi awal sebesar 50%. Setelah penerjemahan data ke Bahasa Indonesia dan Inggris, akurasi meningkat menjadi 55%, meskipun klasifikasi sentimen netral dan positif masih belum memuaskan. Penerapan metode augmentasi data melalui metode back translation menghasilkan peningkatan akurasi signifikan hingga 98% pada percobaan kedua. Analisis sentimen menunjukkan bahwa sentimen negatif terutama dipicu oleh kekhawatiran terkait kerumitan teknologi, khususnya bagi juru parkir yang sudah lanjut usia. Sentimen netral mencerminkan kebingungan mengenai metode pembayaran, sedangkan sentimen positif mendukung transparansi dan modernisasi yang dibawa oleh implementasi E-Parking, meski masih ada resistensi terhadap perubahan.
Kata Kunci: Analisis Sentimen, BERT, E-Parking, Media Sosial, Ponorogo

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering
Depositing User: ft . userft
Date Deposited: 10 Nov 2025 04:19
Last Modified: 10 Nov 2025 04:19
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/16043

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item