GORITMA LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR PADA SIMULASI UJIAN SEKOLAH BERBASIS WEB



MUKMININ, MUHAMMAD ERIK AMIRUL (2025) GORITMA LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR PADA SIMULASI UJIAN SEKOLAH BERBASIS WEB. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
surat pernyataan unggah.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (518kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[thumbnail of Skripsi Full Text] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam pembentukan karakter dan peningkatan kualitas individu dan masyarakat secara keseluruhan. Sebagai proses yang melibatkan pembelajaran, pengajaran, dan pembentukan sikap, pendidikan berperan penting dalam memberdayakan individu untuk mengembangkan potensi secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan Algoritma Linear Congruential Generator (LCG) pada aplikasi Simulasi Ujian Sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Prof Hamka Madiun. Langkah ini dilakukan untuk mengatasi keterbatasan sistem manual yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga serta menimbulkan risiko kesalahan yang tinggi. LCG dipilih karena mampu menciptakan pengalaman ujian yang lebih adil dengan menghasilkan pengacakan soal yang merata dan acak. Sebagai hasil dari pengujian, LCG berhasil menghasilkan variasi soal yang tinggi dengan hanya 4,78% kesamaan soal di antara siswa. Dari 690 soal yang diberikan kepada 23 siswa, hanya 33 memiliki kesamaan, menunjukkan tingkat keacakan optimal sebesar 95,22%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LCG efektif dalam menjaga kerahasiaan dan keunikan soal, mengurangi kemungkinan kecurangan, dan meningkatkan efisiensi penyusunan soal. Metode ini tidak hanya relevan untuk ujian sekolah, tetapi juga dapat diterapkan pada skala yang lebih luas, sehingga berkontribusi positif terhadap inovasi teknologi di pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Algoritma Linear Congruential Generator, Simulasi Ujian Sekolah, Pengacakan Soal
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering
Depositing User: ft . userft
Date Deposited: 25 Mar 2025 07:26
Last Modified: 10 Nov 2025 03:39
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/16219

Actions (login required)

View Item View Item