GORITMA LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR PADA SIMULASI UJIAN SEKOLAH BERBASIS WEB
MUKMININ, MUHAMMAD ERIK AMIRUL (2025) GORITMA LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR PADA SIMULASI UJIAN SEKOLAH BERBASIS WEB. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
surat pernyataan unggah.pdf Download (59kB) |
|
|
Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (6MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (518kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (535kB) |
|
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) |
|
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam pembentukan karakter dan peningkatan kualitas individu dan masyarakat secara keseluruhan. Sebagai proses yang melibatkan pembelajaran, pengajaran, dan pembentukan sikap, pendidikan berperan penting dalam memberdayakan individu untuk mengembangkan potensi secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan Algoritma Linear Congruential Generator (LCG) pada aplikasi Simulasi Ujian Sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Prof Hamka Madiun. Langkah ini dilakukan untuk mengatasi keterbatasan sistem manual yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga serta menimbulkan risiko kesalahan yang tinggi. LCG dipilih karena mampu menciptakan pengalaman ujian yang lebih adil dengan menghasilkan pengacakan soal yang merata dan acak. Sebagai hasil dari pengujian, LCG berhasil menghasilkan variasi soal yang tinggi dengan hanya 4,78% kesamaan soal di antara siswa. Dari 690 soal yang diberikan kepada 23 siswa, hanya 33 memiliki kesamaan, menunjukkan tingkat keacakan optimal sebesar 95,22%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LCG efektif dalam menjaga kerahasiaan dan keunikan soal, mengurangi kemungkinan kecurangan, dan meningkatkan efisiensi penyusunan soal. Metode ini tidak hanya relevan untuk ujian sekolah, tetapi juga dapat diterapkan pada skala yang lebih luas, sehingga berkontribusi positif terhadap inovasi teknologi di pendidikan.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Algoritma Linear Congruential Generator, Simulasi Ujian Sekolah, Pengacakan Soal |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Faculty of Engineering |
| Depositing User: | ft . userft |
| Date Deposited: | 25 Mar 2025 07:26 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 03:39 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/16219 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
