PERSONAL BRANDING AKUN @ERIPRAS3_ MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK



Sari, Darlian Novita (2025) PERSONAL BRANDING AKUN @ERIPRAS3_ MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of surat unggah karya] Text (surat unggah karya)
surat unggah karya .pdf

Download (237kB)
[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
halaman depan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of bab I] Text (bab I)
Bab I.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Dapus .pdf

Download (565kB)
[thumbnail of Lampiran turnitin] Text (Lampiran turnitin)
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[thumbnail of skripsi full teks] Text (skripsi full teks)
Analisis Personal Branding Eripras .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan media sosial, khususnya tiktok, telah memberikan ruang luas bagi generasi muda dalam mengekspresikan diri dan membangun personal branding. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana akun tiktok @eripras3_ membangun personal branding melalui konten-konten yang diunggah. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi. Teknis analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan Kesimpulan. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi terhadap 8 video tiktok yang diunggah oleh akun @eripras3_ pada periode juli-oktober 2024. 8 video yang dipilih dengan banyaknya viewers dalam video konten tersebut. Analisis dilakukan berdasarkan delapan konsep personal branding menurut peter montoya, yaitu konsep spesialisasi, konsep kepemimpinan, konsep kepribadian, konsep perbedaan, konsep keterlihatan, konsep kesatuan, konsep keteguhan, dan konsep nama baik. Dari hasil penelitian menujukkan bahwa eripras berhasil membangun citra diri yang kuat melalui konsistensi gaya konten yang humoris, autentik, dan relavan dengan kehidupan sehari-hari. Ia memanfaatkan fitur-fitur tiktok seperti komentar, live streaming, dan tren yang sedang viral untuk memperkuat interaksi dan keterlibatan audiens. Personal branding yang dibangun eripras mencerminkan keunikan, kesederhanaan, dan keaslian dirinya yang membuatnya mudah dikenali serta diterima oleh public. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kekuatan personal branding di media sosial terletak pada konsistensi pesan, keterlibatan emosional dengan audiens dan keotentikan konten.

Kata kunci: personal branding, tiktok, media sosial, konten creator, eripras

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: personal branding, tiktok, media sosial, konten creator, eripras
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Darlian Novita Sari
Date Deposited: 05 Nov 2025 03:34
Last Modified: 05 Nov 2025 03:34
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/16924

Actions (login required)

View Item View Item