PEMANFAATAN MEDIA POHON PENGETAHUAN SEBAGAI SARANA STIMULUS KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK USIA DINI



Ika Minardi, Larasati (2025) PEMANFAATAN MEDIA POHON PENGETAHUAN SEBAGAI SARANA STIMULUS KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK USIA DINI. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 8 (3). ISSN p-ISSN 2615-6768, e-ISSN 2615-5664

[thumbnail of 1 SURAT UNGGAH KARYA ILMIAH (2).pdf] Text
1 SURAT UNGGAH KARYA ILMIAH (2).pdf

Download (589kB)
[thumbnail of 2 HALAMAN DEPAN.pdf] Text
2 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (840kB)
[thumbnail of 3 DRAFT ARTIKEL ILMIAH.pdf] Text
3 DRAFT ARTIKEL ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB) | Request a copy
[thumbnail of 4 LAMPIRAN.pdf] Text
4 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB) | Request a copy
[thumbnail of 5 LAPORAN ARTIKEL JURNAL FULL TEXT.pdf] Text
5 LAPORAN ARTIKEL JURNAL FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://rgap.uho.ac.id/index.php/journal

Abstract

Larasati Ika Minardi. Pada penelitian ini meneliti terkait Pemanfaatan Media Pohon Pengetahuan
Sebagai Sarana Stimulus Membaca Awal Anak Usia Dini. Kemampuan membaca pada anak usia dini
merupakan landasan yang penting dalam perkembangan literasi awal yang mendukung keberhasilan
belajar ditahap selanjutrnya. Penelitian dilakukan di TK Dharma Wanita Temon, Kecamatan Sawoo,
Kabupaten Ponorogo. Artikel Ilmiah ini untuk menempuh ujian akhir progam studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Ponorogo dengan Pembimbing 1 Ida Yeni
Rahmawati, M Pd., serta pembimbing 2 Wahyudi, M Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pohon pengetahuan sebagai sarana
stimulus membaca awal anak usia dini melalui tiga tahapan perkembangan literasi, yaitu memahami
bahasa, mengungkapkan bahasa, serta keaksaraan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
deskriptif kualitatif. Dengan subjek penelitian adalah anak usia (5-6 Tahun) kelompok B serta guru
kelas. Data diperoleh melalui observasi, wawancara guru kelas dan dokumentasi yang terdiri dari RPPH,
STTPA serta foto kegiatan siswa. Untuk keabsahan data diperoleh dengan triangulasi sumber dan teknik.
Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman. Meliputi pengumpulan data, reduksi,
penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pohon pengetahuan mendukung dalam stimulus membaca
awal. Pada tahap memahami bahasa anak mampu mengenali dan memahami kosakata baru melalui
gambar dan kartu kata yang ditempel pada pohon pengetahuan. Pada tahap mengungkapkan bahasa
anak menunjukkan kemampuan berbicara dan bercerita dengan menceritakan kembali isi kartu kata, dan
menjawab pertanyaan guru. Sementara pada tahap keaksaraan anak mulai menunjukkan kemampuan
membaca sederhana, seperti mengeja suku kata, dan membaca kata yang ditempel pada pohon
pengetahuan. Aktivitas ini menjadi fondasi penting bagi perkembangan kemampuan membaca
selanjutnya. Dengan demikian pemanfaatan media pohon pengetahuan terbukti mendukung
perkembangan literasi awal anak usia dini secara bertahap dan menyenangkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Membaca Awal, Pohon Pengetahuan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Larasati Ika minardi
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:36
Last Modified: 05 Nov 2025 02:31
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/17016

Actions (login required)

View Item View Item