IMPLEMENTASI PENGGUNAAN VIDEO CHANNEL KASTARI SENTRA UNTUK MESTIMULUS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN



NURAINI, PUJI (2025) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN VIDEO CHANNEL KASTARI SENTRA UNTUK MESTIMULUS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN. IMPLEMENTASI PENGGUNAAN VIDEO CHANNEL KASTARI SENTRA UNTUK MESTIMULUS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN. (Submitted)

[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN..pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ARTIKEL] Text (ARTIKEL)
ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB) | Request a copy
[thumbnail of ARTIKEL FULL TEKS] Text (ARTIKEL FULL TEKS)
ARTIKEL FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan membaca pada anak usia dini merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan literasi awal yang menjadi dasar bagi proses pembelajaran selanjutnya. Namun, dalam praktiknya, pembelajaran membaca seringkali masih menggunakan metode konvensional yang kurang menarik bagi anak-anak. Seiring berkembangnya teknologi digital, media pembelajaran berbasis video, seperti channel edukatif Kastari Sentra di YouTube, menjadi alternatif potensial untuk merangsang minat dan kemampuan membaca anak.Tujuan penelitian ini adalah bagaimana implementasi penggunaan video channel kastari sentra untuk menstimulus kemampuan membaca permulaan. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan subjek 13 anak usia 5 tahun (5 laki-laki dan 8 perempuan) di TK PGRI Grogol tahun ajaran 2024/2025. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode Milles dan Huberman, serta uji keabsahan data dengan triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video Kastari Sentra secara signifikan meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5 tahun. Setelah tiga minggu penggunaan video, 75% anak mampu menyebutkan lebih dari 15 huruf secara acak, dan 58% mulai dapat merangkai dua suku kata sederhana. Peningkatan juga terlihat pada aspek afektif dan motivasional, di mana anak-anak menjadi lebih antusias dan fokus dalam belajar membaca. Video ini membantu guru dalam menjelaskan materi secara lebih menarik dan mudah dipahami, serta mendorong proses belajar yang bermakna dengan mengaitkan huruf dengan objek konkret. Meskipun demikian, tantangan seperti keterbatasan waktu dan kebutuhan adaptasi individual untuk anak berkebutuhan khusus juga ditemukan.Secara keseluruhan, penggunaan video Kastari Sentra terbukti menjadi strategi yang efektif, ekonomis, dan mudah diakses untuk membangun kemampuan membaca awal anak, menjembatani perbedaan gaya belajar, dan mendorong partisipasi aktif dalam proses belajar yang menyenangkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kunci: Anak usia dini, Kastari Sentra, membaca permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: puji Nuraini
Date Deposited: 05 Nov 2025 04:19
Last Modified: 05 Nov 2025 04:19
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/17180

Actions (login required)

View Item View Item