PENGARUH LITERASI BUDAYA DAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE BERCERITA TERHADAP NASIONALISME ANAK BURUH MIGRAN



Hasanah, Siti Tazqiyatul, Laksana, Sigit Dwi and Wulansari, Ayu (2025) PENGARUH LITERASI BUDAYA DAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE BERCERITA TERHADAP NASIONALISME ANAK BURUH MIGRAN. Pengaruh Literasi Budaya dan Kewarganegaraan Melalui Metode Bercerita Terhadap Nasionalisme Anak Buruh Migran, 7 (2). ISSN 2716-0432

[thumbnail of SURAT UNGGAH KARYA ILMIAH] Text (SURAT UNGGAH KARYA ILMIAH)
1. SURAT UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (820kB)
[thumbnail of ARTIKEL] Text (ARTIKEL)
3. ARTIKEL.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
4. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ARTIKEL FULL TEKS] Text (ARTIKEL FULL TEKS)
5 ARTIKEL FULL TEKS.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://journal.ummat.ac.id/index.php/JIPER/articl...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi budaya dan literasi kewarganegaraan melalui metode bercerita terhadap peningkatan nasionalisme anak buruh migran Indonesia di Sanggar Bimbingan Al-Ikhlas, Kuala Lumpur. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode regresi linier berganda. Subjek penelitian adalah siswa/i kelas 1-6 SD, dan 7 SMP di Sanggar Bimbingan Al-Ikhlas. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner skala Likert 1-4 yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial, literasi budaya berpengaruh signifikan terhadap nasionalisme, sementara literasi kewarganegaraan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Namun, secara simultan keduanya berpengaruh signifikan terhadap peningkatan nasionalisme. Metode bercerita terbukti efektif sebagai pendekatan pembelajaran, karena mampu membangun keterikatan emosional siswa terhadap nilai-nilai kebangsaan. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode bercerita sebagai strategi pembelajaran literasi budaya dan kewarganegaraan dalam konteks pendidikan informal anak migran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Anak buruh migran, literasi budaya, literasi kewarganegaraan, metode bercerita, nasionalisme
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Departement of Islamic Library And Information Science
Depositing User: Siti Tazqiyatul Hasanah Siti Tazqiyatul Hasanah
Date Deposited: 04 Nov 2025 03:17
Last Modified: 04 Nov 2025 03:17
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/17924

Actions (login required)

View Item View Item