ANALISIS NURTURANT EFFECT IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BAGI SISWA SD AL-AZHAR SYIFA BUDI CIBINONG BOGOR



Pujiana, Seftiyan (2025) ANALISIS NURTURANT EFFECT IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BAGI SISWA SD AL-AZHAR SYIFA BUDI CIBINONG BOGOR. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of SURATP~1.PDF] Text
SURATP~1.PDF

Download (192kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN FIX.pdf

Download (808kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of FULL TEXT TESIS SEFTIYAN PUJIANA] Text (FULL TEXT TESIS SEFTIYAN PUJIANA)
FULLTE~1.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
Seftiyan Pujiana. 24160420. Analisis Nurturant Effect Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Bagi Siswa SD Al-Azhar Syifa Budi Cibinong Bogor, 2025, Tesis. Pembimbing 1 Dr. Rido Kurnianto,M.Ag. Pembimbing 2 Dr. Ayok Ariyanto, M.Pd.I.

Dalam proses sebuah pembelajaran tidak hanya mengutamakan hasil dan tujuan pembelajaran saja, akan tetapi juga secara tidak langsung menciptakan sebuah Nurturant Effect atau dampak pengiring pembelajaran yang tidak langsung diukur dan merupakan hasil tambahan dari proses belajar, salah satunya dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode yang cara penyajiannya berbeda dengan metode yang lain yaitu metode Tilawati.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan implementasi metode Tilawati pada pembelajaran membaca Al-Qur’an di SD Al-Azhar Syifa Budi Cibinong Bogor, (2) mendeskripsikan capaian hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an metode Tilawati di SD Al-Azhar Syifa Budi Cibinong Bogor, (3) menganalisis nurturant effect yang dihasilkan dari implementasi metode Tilawati pada pembelajaran Al-Qur’an di SD Al-Azhar Syifa Budi Cibinong Bogor.
Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumen. Data yang dikumpulkan dianalisa menggunakan metode deskriptif. Keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi.
Hasil temuan penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa SD Al-Azhar Syifa Budi Cibinong telah mengimplementasikan metode Tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan baik. Meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an menjadi lebih fasih dan tartil sesuai dengan hukum tajwid. Adapun dampak pengiring yang dihasilkan seperti karakter disiplin dan karakter tanggung jawab saat pembelajaran Al-Qur’an di SD Al-Azhar Syifa Budi Cibinong diantaranya: Disiplin mengikuti pembelajaran Tilawati dengan tepat waktu, disiplin duduk mengikuti aturan Tilawati melingkar seperti leter U, kegiatan baca simak, disiplin membaca Al-Qur’an dengan irama lagu rost Tilawati, disiplin mengikuti bacaan guru ketika sedang menunjuk bacaan yang tertera pada peraga Tilawati, dan disiplin mendengar dan menyimak bacaan teman yang lain secara bergiliran. Sedangkan pada sisi karakter tanggung jawab seperti anak-anak terbiasa merapikan barang bawaan buku Tilawati saat selesai pembelajaran, tanggung jawab membiasakan saling mengingatkan dan memotivasi teman yang lain terkait target capaian bacaan tilawatinya dan hafalan Al-Qur’annya, hal ini menjadi kesadaran anak sebagai tanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain. Sehingga ketika diluar jam Tilawatipun mereka sudah terbiasa melakukan hal yang demikian, hal ini juga memicu anak terbiasa untuk mengerjakan tugas dengan tepat waktu tanpa disuruh.
Kata kunci: Metode Tilawati, Karakter Disiplin, dan Karakter Tanggung Jawab

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Metode Tilawati, Karakter Disiplin, Karakter Tanggung Jawab
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: Seftiyan Pujiana
Date Deposited: 28 Oct 2025 06:06
Last Modified: 28 Oct 2025 06:06
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/18233

Actions (login required)

View Item View Item