IMPLEMENTASI METODE BLENDED LEARNING DALAM MENGHAFAL AL- QURAN SISWA KELAS UNGGULAN TAHFIZH MIN 7 PONOROGO
RUKAYAH, SITI (2025) IMPLEMENTASI METODE BLENDED LEARNING DALAM MENGHAFAL AL- QURAN SISWA KELAS UNGGULAN TAHFIZH MIN 7 PONOROGO. S2 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.
|
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN_20250912_0001.pdf Download (623kB) |
|
|
Text (HALAMAN AWAL)
halaman awal.pdf Download (722kB) |
|
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (365kB) |
|
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (610kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (874kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN- LAMPIRAN)
LAMPIRAN- LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (SITI RUKAYAH TESIS FULL TEXT)
full tesis ruqayyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Rukayah, Siti. 2025. Implementasi Metode Blended Learning Dalam Menghafal Al- Qur’an Siswa Kelas Unggulan Tahfizh Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo. Tesis, program pasca Sarjana Pendidikan Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (1) Dr. Nurul Iman, Lc, M.HI, Pembimbing (II) Dr. Katni, M.Pd.I
Menghafal Al-Qur’an tidak hanya sekedar membalikkan sebuah telapak tangan. Namun, butuh perjuangan dan pengorbanan. Dalam menghafalpun butuh sebuah metode sehingga menghafal menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Apalagi melihat zaman yang terus berkembang dan teknologi yang semakin canggih, membuat semua kalangan baik tua maupun muda menjadi terhipnotis akan kecanggihan teknologi. Sehingga hal ini menjadi tantangan yang besar bagi pengampu tahfizh dalam meningkatkan daya ingat hafalan. Perkembangan zaman yang semakin maju menjadikan guru dan seorang pelajar pun harus mampu berusaha dengan maksimal. Menggunakan teknologi dengan baik dan menghindari madhorot yang berlebihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam proses implementasi, capaian hasil, dan kendala yang dihadapi dalam penggunaan metode blended learning dalam program tahfizh Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru tahfizh, kepala madrasah, siswa kelas unggulan tahfizh, dan orang tua. Analisis data melalui reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode blended learning dalam program tahfizh Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo diterapkan dengan memadukan pembelajaran tatap muka di madrasah dan pembelajaran daring menggunakan platform digital seperti WhatsApp, dan video hafalan. Implementasi ini memberikan fleksibilitas, meningkatkan kemandirian belajar siswa, serta mempercepat capaian hafalan. Hasilnya, siswa lebih termotivasi dan konsisten dalam menghafal, dengan dukungan penuh dari guru, kepala madrasah, serta orang tua. Namun, dalam penerapannya juga ditemukan beberapa kendala, seperti keterbatasan teknologi, kurangnya pelatihan guru, serta tantangan dalam menjaga konsistensi hafalan siswa di rumah.
Berdasarkan temuan tersebut, rekomendasi penelitian ini mencakup: perlunya pelatihan berkala bagi guru terkait penggunaan teknologi, peningkatan dukungan infrastruktur digital, serta penguatan kerja sama antara madrasah dan orang tua untuk memastikan kesinambungan hafalan siswa baik di sekolah maupun di rumah.
Kata Kunci: Metode Blended Learning, Hafalan Al-Qur’an, Siswa
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program |
| Depositing User: | Siti Rukayah |
| Date Deposited: | 22 Sep 2025 06:18 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 06:07 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/18250 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
