PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DIMENSI TIGA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMK KESEHATAN BAKTI INDONESIA MEDIKA PONOROGO



SHOLIKAH, IMRO ATUS (2016) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DIMENSI TIGA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMK KESEHATAN BAKTI INDONESIA MEDIKA PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (491kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa tidak mempunyai sumber belajar yang memadai
dan guru belum mampu membuat bahan ajar karena membutuhkan waktu yang lama dan
kurangnya keterampilan. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan modul matematika yang
baik pada materi dimensi tiga berbasis pendekatan kontekstual untuk melatih kemampuan
pemecahan masalah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Metode
penelitian ini digunakan untuk mengetahui prosedur pengembangan dan kualitas produk. Dalam
penelitian ini menggunakan model Sugiyono, akan tetapi hanya sampai uji coba terbatas karena
keterbatasan waktu dan biaya. Langkah-langkah pengembangnya (1) potensi dan masalah (2)
pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi produk (5) revisi (6) uji coba produk (7) revisi
produk.
Hasil penilaian ini adalah (1) kualitas kegrafikan modul mencapai kriteria valid dengan
persentase 74%, kualitas isi modul mencapai kriteria valid dengan persentase 78%, kualitas
penyajian modul mencapai kriteria sangat valid dengan persentase 92%, kualitas bahasa modul
mencapai kriteria valid dengan persentase sebesar 75%, kualitas kontekstual modul mencapai
kriteria valid dengan persentase 78%. (2) Presentase ketuntasan hasil tes kemampuan pemecahan
masalah sebesar 90%. (3) Presentase angket respon siswa dari segi ketertarikan, materi dan
bahasa sebesar 93% yang menyatakan bahwa penggunaan modul matematika mendapat respon
yang positif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul matematika dimensi tiga
berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa kelas XI SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika
Ponorogo adalah berkualitas dengan mencapai kriteria valid dan efektif digunakan dalam
pembelajaran matematika.
kata kunci : modul matematika, pendekatan kontekstual, pemecahan masalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 13 Dec 2016 02:40
Last Modified: 13 Dec 2016 02:40
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2831

Actions (login required)

View Item View Item