PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DIMENSI TIGA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMK KESEHATAN BAKTI INDONESIA MEDIKA PONOROGO
SHOLIKAH, IMRO ATUS (2016) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DIMENSI TIGA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMK KESEHATAN BAKTI INDONESIA MEDIKA PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
| Preview | Text Halaman Depan.pdf Download (491kB) | Preview | 
| Preview | Text BAB I.pdf Download (62kB) | Preview | 
| ![BAB II.pdf [thumbnail of BAB II.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) | 
| ![BAB III.pdf [thumbnail of BAB III.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) | 
| ![BAB IV.pdf [thumbnail of BAB IV.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | 
| ![BAB V.pdf [thumbnail of BAB V.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) | 
| Preview | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (32kB) | Preview | 
| Preview | Text Lampiran.pdf Download (4MB) | Preview | 
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah siswa tidak mempunyai sumber belajar yang memadai
dan guru belum mampu membuat bahan ajar karena membutuhkan waktu yang lama dan
kurangnya keterampilan. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan modul matematika yang
baik pada materi dimensi tiga berbasis pendekatan kontekstual untuk melatih kemampuan
pemecahan masalah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Metode
penelitian ini digunakan untuk mengetahui prosedur pengembangan dan kualitas produk. Dalam
penelitian ini menggunakan model Sugiyono, akan tetapi hanya sampai uji coba terbatas karena
keterbatasan waktu dan biaya. Langkah-langkah pengembangnya (1) potensi dan masalah (2)
pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi produk (5) revisi (6) uji coba produk (7) revisi
produk.
Hasil penilaian ini adalah (1) kualitas kegrafikan modul mencapai kriteria valid dengan
persentase 74%, kualitas isi modul mencapai kriteria valid dengan persentase 78%, kualitas
penyajian modul mencapai kriteria sangat valid dengan persentase 92%, kualitas bahasa modul
mencapai kriteria valid dengan persentase sebesar 75%, kualitas kontekstual modul mencapai
kriteria valid dengan persentase 78%. (2) Presentase ketuntasan hasil tes kemampuan pemecahan
masalah sebesar 90%. (3) Presentase angket respon siswa dari segi ketertarikan, materi dan
bahasa sebesar 93% yang menyatakan bahwa penggunaan modul matematika mendapat respon
yang positif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul matematika dimensi tiga
berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa kelas XI SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika
Ponorogo adalah berkualitas dengan mencapai kriteria valid dan efektif digunakan dalam
pembelajaran matematika.
kata kunci : modul matematika, pendekatan kontekstual, pemecahan masalah
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics | 
| Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics | 
| Depositing User: | Editor FKIP | 
| Date Deposited: | 13 Dec 2016 02:40 | 
| Last Modified: | 13 Dec 2016 02:40 | 
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2831 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
      