IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MAHASISWA PRODI PPKn UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO



UTAMI, PRIHMA SINTA and Cahyono, Hadi (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MAHASISWA PRODI PPKn UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO. JDPP(Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran), 6 (1). pp. 8-14. ISSN ISSN 2303-3800 (Online) ISSN 2527-7049 (Print)

[thumbnail of 2. JURNAL  Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mahasiswa Prodi PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo.pdf] Text
2. JURNAL Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mahasiswa Prodi PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 2. Plagiasi JURNAL  Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mahasiswa Prodi PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo.pdf] Text
2. Plagiasi JURNAL Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mahasiswa Prodi PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. PR JURNAL  Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mahasiswa Prodi PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo.pdf] Text
2. PR JURNAL Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mahasiswa Prodi PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1. HASIL PLAGIASI.pdf] Text
1. HASIL PLAGIASI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1. PEER REVIEW.pdf] Text
1. PEER REVIEW.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/articl...

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil dari implementasi pendidikan
berbasis multikultural melalui model pembelajaran Problem Based Learning
pada mahasiswa prodi PPKn Unmuh Ponorogo. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian studi kasus kualitatif dengan tehnik
pengambilan sampel secara purposive. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa: (1) Kerjasama mahasiswa semakin meningkat dalam hal melakukan
pengamatan suatu kasus serta tidak ada tendensi pada kelompok tertentu; (2)
Mahasiswa secara mandiri telah melakukan kegiatan pencarian literasi dalam
penyelesaian masalah, dosen hanya sebagai fasilitator; (3) Secara demokratis
mahasiswa menyampaikan solusi masalah dan memberikan kesempatan yang
sama mahasiswa lainnya tanpa melihat budaya yang dominan di kelas; (4)
Interaksi mahasiswa dengan antar kelompok masih kurang, keaktifan
mahasiswa masih dominan pada kelompok kecil saja. Dapat disimpulkan
bahwa melalui model pembelajaran PBL implementasi pendidikan
multikultural dapat diimplementasikan dengan baik dan menunjukkan hasil
pembelajaran yang aktif, lebih demokratis, serta tidak ada tendensi memihak
pada salah satu budaya kelompok dominan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: multicultural education, learning model, problem based learning
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education
Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 26 Mar 2021 05:55
Last Modified: 18 May 2021 03:29
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6351

Actions (login required)

View Item View Item