IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MAHASISWA PRODI PPKn UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO
UTAMI, PRIHMA SINTA and Cahyono, Hadi (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MAHASISWA PRODI PPKn UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO. JDPP(Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran), 6 (1). pp. 8-14. ISSN ISSN 2303-3800 (Online) ISSN 2527-7049 (Print)
![]() |
Text
2. JURNAL Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mahasiswa Prodi PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
2. Plagiasi JURNAL Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mahasiswa Prodi PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. PR JURNAL Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mahasiswa Prodi PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
1. HASIL PLAGIASI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
1. PEER REVIEW.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil dari implementasi pendidikan
berbasis multikultural melalui model pembelajaran Problem Based Learning
pada mahasiswa prodi PPKn Unmuh Ponorogo. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian studi kasus kualitatif dengan tehnik
pengambilan sampel secara purposive. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa: (1) Kerjasama mahasiswa semakin meningkat dalam hal melakukan
pengamatan suatu kasus serta tidak ada tendensi pada kelompok tertentu; (2)
Mahasiswa secara mandiri telah melakukan kegiatan pencarian literasi dalam
penyelesaian masalah, dosen hanya sebagai fasilitator; (3) Secara demokratis
mahasiswa menyampaikan solusi masalah dan memberikan kesempatan yang
sama mahasiswa lainnya tanpa melihat budaya yang dominan di kelas; (4)
Interaksi mahasiswa dengan antar kelompok masih kurang, keaktifan
mahasiswa masih dominan pada kelompok kecil saja. Dapat disimpulkan
bahwa melalui model pembelajaran PBL implementasi pendidikan
multikultural dapat diimplementasikan dengan baik dan menunjukkan hasil
pembelajaran yang aktif, lebih demokratis, serta tidak ada tendensi memihak
pada salah satu budaya kelompok dominan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multicultural education, learning model, problem based learning |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 05:55 |
Last Modified: | 18 May 2021 03:29 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6351 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |