PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA PADA PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 3 GROGOL



TANTOWI, HARIS (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA PADA PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 3 GROGOL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of 1. HALAMAN JUDUL - DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL - DAFTAR ISI.pdf

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (193kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (191kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (236kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (131kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (93kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (581kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Haris Tantowi. 2014. Peningkatan Aktivitas Siswa Pada Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 3 Grogol. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah ponorogo. Pembimbing : Drs. SUMAJI, M.Pd. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik dan Aktivitas Siswa. Rendahnya aktivitas siswa pada pembelajaran Matematika masih dialami siswa SD Negeri 3 Grogol. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya siswa dalam aktifitas bertanya dan pembelajaran sehingga pembelajaran dominan terpusat pada guru dan siswa belum mampu menemukan cara dan menyelesaikan masalah sendiri. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa pada pendekatan saintifik pada mata pelajaran matematika. Kriteria peningkatan aktivitas yaitu, Observasi Aktivitas siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Negeri 3 Grogol. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Lembar Observasi Aktivitas siswa digunakan untuk memperoleh data peningkatan Aktivitas siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian (selama siklus I dan siklus II) menunjukkan bahwa Aktifitas siswa mengalami peningkatan (3,1 ; 3,8), Peningkatan Aktivitas Siswa ini mencapai skor nilai 0,7.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 04 Apr 2014 02:15
Last Modified: 04 Apr 2014 02:15
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/103

Actions (login required)

View Item View Item