PENGARUH VIRAL MARKETING, KEAMANAN TRANSAKSI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI ONLINE MAHASISWA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE PADA FAKULTAS EKONOMI UNMUH PONOROGO ANGKATAN 2018
Saputri, Dian (2023) PENGARUH VIRAL MARKETING, KEAMANAN TRANSAKSI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI ONLINE MAHASISWA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE PADA FAKULTAS EKONOMI UNMUH PONOROGO ANGKATAN 2018. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
![]() |
Text (Surat Persetujuan unggah karya ilmiah)
Scan Dian Saputri.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text (Halaman Depan)
1. Pendahuluan.pdf Download (358kB) |
![]() |
Text (BAB I)
2. Bab I.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text (BAB II)
3. Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
![]() |
Text (BAB III)
4. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
5. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
![]() |
Text (BAB V)
6. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
7. Daftar Pustaka.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
8. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (Skripsi Full Draft)
fullDraft skripsi DianSaputri.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kecenderungan konsumen untuk berbelanja melalui Online Shop, mengurangi tingkat
kewaspadaan dalam melakukan transaksi jual beli. Terbukti dengan banyaknya kasus penipuan
dengan modus Online Shopping. Terutama disebabkan karena pembeli tidak dapat bertatap
muka secara langsung dengan penjual, sehingga sistem Kepercayaan menjadi modal utama
dalam setiap transaksi jual beli online. Beberapa modus penipuan yang marak terjadi di Online
Shopping, misalnya penjual yang menghilang setelah pembeli melakukan pembayaran, barang
yang dikirim tidak sesuai dengan yang dijanjikan atau tidak sesuai dengan gambar yang ada di
Online Shop tersebut. Selain itu, untuk dapat menarik minat pembelian online, online shop harus
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli online, salah satunya adalah
karakteristik gaya hidup berbelanja (shopping orientation) yang dimiliki oleh para konsumen.
Shopping orientation yang dimiliki oleh setiap orang berbeda-beda, misalnya dalam hal
keinginan, kebutuhan, dan tujuan dalam melakukan pembelian online. Faktor lain yang
berpengaruh terhadap minat beli online adalah Kepercayaan (online trust). Pada online shop,
konsumen berinteraksi melalui dunia maya sehingga online shop dipersepsikan akan lebih
berisiko untuk terjadinya kejadiankejadian yang tidak diinginkan seperti penipuan (Rosdiana
dan Haris, 2018)..
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu data yang dapat dihitung
berupa angka-angka. Penelitian dengan metode kuantitatif ini dimaksudkan untuk
mengetahui pengaruh Viral Marketing, Keamanan Transaksi dan Kepercayaan
terhadap Minat Beli Online Mahasiswa Pengguna Aplikasi Shopee pada Fakultas
Ekonomi Unmuh Ponorogo Angkatan 2018. Analisis data penulis lakukan diawali
dengan pengumpulan dan pengolahan data berupa kuesioner tertutup dengan skala
likert dimana alternatif jawaban nilai 1 sampai dengan 5 pemberian skor dilakukan atas
jawaban pertanyaan baik mengenai Viral Marketing (X1), Keamanan Transaksi (X2)
dan Kepercayaan (X3) maupun Minat Beli Online (Y).
Berdasarkan hasil pembahasan sesuai dengan data yang dikelola dengan model
analisis regresi linear berganda disimpulkan bahwa; Berdasarkan hasil uji t variabel
independen Viral Marketing, diperoleh nilai t hitung > t table (8,251 < 1,990), maka Ho
ditolak, artinya terdapat pengaruh Viral Marketing terhadap Minat Beli Mahasiswa
Pengguna Aplikasi Shopee pada Fakultas Ekonomi Unmuh Ponorogo Angkatan 2018.
Keamanan Transaksi, diperoleh nilai t hitung > t tabel (10,916 > 1,990) maka Ho ditolak,
artinya terdapat pengaruh Keamanan Transaksi terhadap Minat Beli Online Mahasiswa
Pengguna Aplikasi Shopee pada Fakultas Ekonomi Unmuh Ponorogo Angkatan 2018.
Kepercayaan, diperoleh nilai t hitung > t table (12,415 > 1,990) maka Ho ditolak, artinya
terdapat pengaruh Kepercayaan terhadap Minat Beli Online Mahasiswa Pengguna
Aplikasi Shopee pada Fakultas Ekonomi Unmuh Ponorogo Angkatan 2018.
Sementara berdasarkan hasil uji F variabel dependen Minat Beli Online, diperoleh
nilai F hitung > F tabel (73,275 > 2,70) maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh Viral
Marketing, Keamanan Transaksi dan Kepercayaan secara bersama-sama/simultan
terhadap Minat Beli Online Mahasiswa Pengguna Aplikasi Shopee pada Fakultas
Ekonomi Unmuh Ponorogo Angkatan 2018
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Viral Marketing, Keamanan Transasksi, Kepercayaan, Minat Beli Online |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Depositing User: | fe . userfe |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 08:15 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 08:15 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12678 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |