PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA PRASEKOLAH PENGGUNA GADGET DI DESA DAN DI KOTA



Wahyuning, S, Tiara (2023) PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA PRASEKOLAH PENGGUNA GADGET DI DESA DAN DI KOTA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi Full Text] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA PRASEKOLAH PENGGUNA GADGET
Di Desa dan Di Kota

Tiara Wahyuning Sukma

Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
E-mail : tiara242018@gmail.com

Di era globalisasi ini banyak anak yang terpengaruh dengan kemajuan teknologi, salah satu teknologi yang di gemari anak-anak adalah gadget. Gadget mempunyai daya tarik untuk anak-anak dimana gadget dapat digunakan untuk mengisi berbagai macam aplikasi. Namun penggunaan gadget secara berlebih pada anak-anak dapat menjadikan anak tidak peduli terhadap lingkungan, sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi kemampuan dalam empati, mengekspresikan emosi dengan tepat, mengelola emosi, dan semua itu merupakan aspek dari kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional adalah keahlian untuk memotivasi diri sendiri, mengatur dorongan hati serta tidak melebihkan kesenangan, mengendalikan atmosfer hati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Kecerdasan Emosional Anak Usia Prasekolah Pengguna Gadget di Desa dan di Kota. Desain penelitian yang digunakan adalah Desain pada penelitian ini menggunakan rancagan non eksperimen dengan cross-sectional. Populasi pada penelitian ini 110 siswa usia prasekolah di desa dan di kota. Teknik sampling yang digunakan Total sampling dengan jumlah sampel 110.
Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Likert terdiri dari 34 pernyataan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik Uji Mann-Whitney dengan tingkat signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan 88,3% responden di kota memiliki kecerdasan emosional dengan kategori baik, sedangkan di desa hanya 8,0% responden yang memiliki kecerdasan emosional dengan kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara kecerdasan emosional anak di desa dan di kota pengguna gadget pada lima indikator, dengan nilai ρ=0,00 yang berarti ada perbedaan kecerdasan emosional anak usia prasekolah pengguna gadget di desa dan di kota.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, anak di desa, anak di kota
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing S1
Depositing User: fik . userfik
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:11
Last Modified: 15 Sep 2023 03:11
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12802

Actions (login required)

View Item View Item