HUBUNGAN SERVICE EXCELLENT PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN LANSIA Di Poli Penyakit Dalam RSU Muhammadiyah Ponorogo
PARANITA, ERIYA (2024) HUBUNGAN SERVICE EXCELLENT PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN LANSIA Di Poli Penyakit Dalam RSU Muhammadiyah Ponorogo. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (SURAT UNGGAH KARYA ILMIYAH)
SURAT UNGGAH KARYA ILMIYAH.pdf Download (473kB) |
|
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (831kB) |
|
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (156kB) |
|
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
|
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
|
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
|
|
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
|
Text (FULL TEXT SKRIPSI)
ERIYA PARANITA SARI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
HUBUNGAN SERVICE EXCELLENT PERAWAT DENGAN
TINGKAT KEPUASAN PASIEN LANSIA
Di Poli Penyakit Dalam RSU Muhammadiyah Ponorogo
Oleh : Eriya Paranita Sari
Pelayanan keperawatan yang diberikan oleh perawat kepada pasien lansia
cenderung bersifat kompleks sehingga dapat menimbulkan ketidakpuasan bagi
pasien lansia. Service excellent merupakan salah satu upaya guna meningkatkan
kepuasan pasien lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan
service excellent perawat dengan tingkat kepuasan pasien lansia di poli penyakit
dalam RSU Muhammadiyah Ponorogo.
Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross
sectional. Populasi penelitian ini yaitu seluruh pasien lansia Poli Penyakit Dalam
RSU Muhammadiyah Ponorogo bulan September 2023 sebanyak ± 150 pasien.
Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel
sebanyak 60 pasien. Analisa data menggunakan uji Chi square dengan tingkat
signifikansi <0,05.
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pasien lansia menyatakan
service excellent perawat sudah baik yaitu sebanyak 31 orang (52%). Sebagian
besar pasien lansia menyatakan puas sebanyak 32 orang (53%). Hasil uji chi
square didapatkan nilai signifikan (p) sebesar 0,005 (p<0,05) dengan koefisien
kontingensi = 0.343 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara
service excellent perawat dengan tingkat kepuasan pasien lansia di poli penyakit
dalam RSU Muhammadiyah Ponorogo dengan kekuatan hubungan yang moderat.
Dalam penelitian ini service excellent yang diberikan perawat kepada pasien
berbanding lurus dengan tingkat kepuasan pasien. Bagi peneliti selanjutnya
diharapkan dapat meneliti pengaruh pelatihan service excellent terhadap kepuasan
pasien lansia.
Kata kunci : service excellent, kepuasan, lansia
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : service excellent, kepuasan, lansia |
| Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
| Divisions: | Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing S1 |
| Depositing User: | fik . userfik |
| Date Deposited: | 19 Mar 2024 05:36 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 01:33 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13609 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
