PENGARUH EGR ( EXHAUST GAS RECIRCULATION ) TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN PERFORMA MESIN DIESEL DENGAN BAHAN BAKAR CAMPURAN BIODIESEL DAN ETANOL



ISLAMUDIN, ADITYA (2024) PENGARUH EGR ( EXHAUST GAS RECIRCULATION ) TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN PERFORMA MESIN DIESEL DENGAN BAHAN BAKAR CAMPURAN BIODIESEL DAN ETANOL. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Stok bahan bakar diesel semakin menipis setiap tahunnya. Kadar gas buang pada solar tinggi, ketika dikeluarkan selama pembakaran, gas pembakaran seperti HC, CO, dan NOx dapat mencemari udara dan menimbulkan risiko kesehatan bagi manusia jika tertelan dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, exhaust gas recirculation (EGR) merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk menurunkan emisi NOx dari mesin pembakaran. Pada penelitian ini diuji performa mesin dan emisi gas buang mesin diesel dengan menggunakan campuran bahan bakar berbahan Biodiesel dan Etanol. Dengan menggunakan metode eksperimen, pelaksanaan pengujian dilakukan dengan beberapa kali pengujian persampel. Hasil dari pengujian performa mesin menunjukkan adanya kenaikan daya dan torsi mesin pada bahan bakar yang menggunakan EGR dengan campuran bahan bakar Biodiesel 80% + Etanol 20%, daya sebesar 2,38 kW atau 2380 watt dan torsi sebesar 15,166 Nm. Kemudian hasil dari konsumsi bahan bakar mendapat nilai terendah pada bahan bakar Biodiesel 80% + Etanol 20% yaitu sebesar 533,357 gr/kWh. Sedangkan hasil pengujian emisi gas buang menghasilkan nilai paling rendah pada bahan bakar Biodiesel 80% + Etanol 20% sebesar 48,26%.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: EGR , Biodisel, Ethanol, Performa Mesin, Emisi Gas Buang
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering
Depositing User: ft . userft
Date Deposited: 29 Aug 2024 05:58
Last Modified: 03 Nov 2025 06:09
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14770

Actions (login required)

View Item View Item