IMPLEMENTASI PERTANYAAN PEMANTIK UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA DINI



Lestari, Mursitoh Puji, Rahmawati, Ida Yeni and Muttaqin, Muhammad ‘Azam (2024) IMPLEMENTASI PERTANYAAN PEMANTIK UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA DINI. Jurnal Golden Age PAUD UHO, 7 (2). ISSN 2615-5664

[thumbnail of Perseetujuan Unggah Karya] Text (Perseetujuan Unggah Karya)
1. SURAT PERSETUAN UNGGAH KARYA.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
2. halaman depan.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
3. ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[thumbnail of LOA] Text (LOA)
4. LOA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[thumbnail of Laporan Artikel Jurnal Full Text] Text (Laporan Artikel Jurnal Full Text)
5. ALL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
Official URL: https://rgap.uho.ac.id/index.php/journal/article/v...

Abstract

Berpikir logis merupakan salah satu bagian dari aspek kognitif anak usia dini yang berperan untuk analisis, pemahaman pengertian, kemampuan sintesis, bahkan kemampuan evaluasi. Pertanyaan pemantik sebagai salah satu alat untuk menstimulasi kemampuan berpikir logis Anak Usia Dini. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengimplementasian pertanyaan pemantik dalam menstimulasi kemampuan berpikir logis anak usia dini di TKIT Insan Madani. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Triangulasi sumber dalam penelitian ini dilakukan dengan menggali kebenaran informasi melalui wawancara, observasi serta dokumen tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan pengimplementasian pertanyaan pemantik di TKIT Insan Madani dilakukan setiap waktu, yaitu dalam pembelajaran, kegiatan inti bermain, serta diluar pembelajaran. Ketika pembelajaran pertanyaan pemantik diberikan 3 kali oleh narasumber, yaitu ketika awal pembelajaran, masuk ke topik pembelajaran, dan terakhir ketika penutup. Penggunaan pertanyaan pemantik untuk siswa PAUD dalam taxonomy bloom masih dalam tahap mengingat dan memahami atau C1 dan C2.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Berpikir Logis, Pertanyaan Pemantik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:03
Last Modified: 28 May 2025 02:38
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15023

Actions (login required)

View Item View Item